Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Mitos Minum Kopi Picu Penyakit Jantung

Mitos minum kopi dapat memicu penyakit jantung itu tidak benar.
Fitri Rachmawati
Fitri Rachmawati - Bisnis.com 24 Februari 2015  |  21:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Dokter Spesialis Bedah Thoraks, Jantung dan Vaskular dari Rumah Sakit Bunda Jakarta dr. Hariadi Hadibrata, SpBTKV mengatakan mitos minum kopi dapat memicu penyakit jantung itu tidak benar.
 
Fakta yang benar adalah jumlah takaran kopi yang melebihi satu gelas sehari seperti tiga gelas justru akan memicu penyakit jantung. Terutama bagi orang yang menderita dan memiliki risiko penyakit jantung.
 
“Jika hanya minum satu gelas masih bisa ditolerir karena tidak ada terlalu berefek, tetapi disarankan dikurangi terus,” tuturnya Selasa (24/02/2015).
 
Dia menjelaskan dalam kopi mengandung kafein yang menyebabkan denyut jantung bekerja lebih cepat, untuk orang sehat [tidak menderita dan memiliki risiko penyakit jantung] itu tidak apa-apa.
 
Tetapi lain halnya jika menderita penyakit jantung hingga pernah dioperasi akibat penyakit ini. “Justru akan memicu penyakit jantung,” katanya.
 
Kemampuan bekerja jantung bagi penderita atau penyempitan pembuluh darah [penyakit jantung koroner] hanya 80 kali.

Kemudian minum kopi yang mengakibatkan kinerja jantung menjadi 100 kali.
 
“Otomatis jantung kewalahan karena melebihi kapasitas kemampuan kinerjanya. Inilah yang memicu penyakit jantung hingga memperparah,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

life style kedai kopi gaya hidup
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top