Health

Ini Mitos Minum Kopi Picu Penyakit Jantung

Fitri Rachmawati
Selasa, 24 Februari 2015 - 21:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Dokter Spesialis Bedah Thoraks, Jantung dan Vaskular dari Rumah Sakit Bunda Jakarta dr. Hariadi Hadibrata, SpBTKV mengatakan mitos minum kopi dapat memicu penyakit jantung itu tidak benar.
 
Fakta yang benar adalah jumlah takaran kopi yang melebihi satu gelas sehari seperti tiga gelas justru akan memicu penyakit jantung. Terutama bagi orang yang menderita dan memiliki risiko penyakit jantung.
 
“Jika hanya minum satu gelas masih bisa ditolerir karena tidak ada terlalu berefek, tetapi disarankan dikurangi terus,” tuturnya Selasa (24/02/2015).
 
Dia menjelaskan dalam kopi mengandung kafein yang menyebabkan denyut jantung bekerja lebih cepat, untuk orang sehat [tidak menderita dan memiliki risiko penyakit jantung] itu tidak apa-apa.
 
Tetapi lain halnya jika menderita penyakit jantung hingga pernah dioperasi akibat penyakit ini. “Justru akan memicu penyakit jantung,” katanya.
 
Kemampuan bekerja jantung bagi penderita atau penyempitan pembuluh darah [penyakit jantung koroner] hanya 80 kali.

Kemudian minum kopi yang mengakibatkan kinerja jantung menjadi 100 kali.
 
“Otomatis jantung kewalahan karena melebihi kapasitas kemampuan kinerjanya. Inilah yang memicu penyakit jantung hingga memperparah,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro