Pedagang batu mulia/Antara
Fashion

Berburu Batu Mulia di Blok M

Tisyrin Naufalty Tsani
Minggu, 8 Maret 2015 - 00:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Masyarakat Indonesia semakin dilanda demam batu mulia. Untuk menemukan pedagang batu mulia di Jakarta tidaklah sulit. Bahkan, pusat perdagangan batu mulia juga tersebar di beberapa titik.

Selama ini Jakarta Gems Center di Jatinegara, Jakarta Timur dikenal sebagai pusat perdagangan batu mulia terbesar di Asia Tenggara. Masyarakat juga masih bisa menjumpai pusat perdagangan batu mulia di wilayah lainnya walaupun tak selengkap Jakarta Gems Center.

Sentra Batu Mulia Bumi Batu Nusantara misalnya, baru dibuka pada November 2014 lalu di lantai bawah Mal Blok M, Jakarta Selatan. 

Sebanyak kurang lebih 40 pedagang berkumpul di sana. Mereka menjajakan berbagai jenis batu mulai dari bacan, saphire, rubby, kladen, sungai dare, dan lain-lain. 

Pengunjung bisa membeli batu yang masih berupa bongkahan maupun yang sudah siap pakai. Di tempat tersebut terdapat pula fasilitas untuk memotong, menggosok hingga memoles batu.

Salah seorang pedagang Awaludin mengatakan dia dahulu bekerja membantu orang lain di Jakarta Gems Center, saat ini dia mencoba membuka usaha sendiri dengan berjualan batu di Mal Blok M. 

"Kalau di sini pedagangnya rata-rata pengrajin batu dari Sukabumi," katanya kepada Bisnis Sabtu (7/3/2015) malam.

Dia menuturkan kualitas batu yang dijual di lokasi tersebut tak kalah dengan yang tersedia di Jakarta Gems Center. Harganya bervariasi mulai dari Rp10.000 hingga jutaan rupiah.

Bagi yang tertarik bisa mendatangi tempat tersebut setiap hari mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB. 

Tak jauh dari Mal Blok M yaitu di Blok M Square juga terdapat pusat perdagangan batu mulia. Perbedaannya, para pedagang batu di Mal Blok M menjajakan dagangannya di atas meja, sementara para pedagang batu di Blok M Square berjualan di toko-toko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro