Fashion

Waspadai Bahaya Pemakaian Eyeliner Buat Mata Anda

Mia Chitra Dinisari
Senin, 6 April 2015 - 11:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Lain kali Anda memakai eyeliner saat bermakeup, coba pertimbangkan partikel yang dapat pindah ke mata dan menyebabkan masalah penglihatan.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Mata dan Lensa Kontak Sains dan Praktek Klinis menekankan bahwa eyeliner dapat mengubah film air mata yaitu lapisan tipis yang melindungi mata dan menambah ketidaknyamanan pada mata Anda.

"Kami melihat bahwa migrasi makeup terjadi lebih cepat dan lebih besar ketika eyeliner menutup mata bagian dalam," kata Alison Ng dari Universitas Waterloo di Canada.

Para peneliti menggunakan rekaman video untuk mengamati dan membandingkan jumlah partikel eyeliner yang bermigrasi ke film air mata setelah menerapkan makeup dalam gaya yang berbeda.

Setiap peserta mengenakan gemerlapnya eyeliner luar garis bulu mata, dan kemudian di daerah tutup bagian dalam lebih dekat ke mata, atau di sepanjang permukaan air.

Para ilmuwan menemukan bahwa dalam waktu lima menit, partikel antara 15 dan 30 persen lebih pindah ke film air mata mata ketika peserta diterapkan eyeliner pada bagian dalam garis bulu mata, dibandingkan dengan di luar itu.

Makeup juga bergerak lebih cepat ke mata ketika eyeliner diaplikasikan di dalam garis bulu mata.

Bahan eyeliner umum meliputi lilin, minyak, silikon dan getah alam untuk membantu eyeliner menempel kelopak mata dan berlangsung untuk waktu yang lama.

Makeup yang masuk film air mata dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi mereka dengan mata sensitif atau kering dan juga bagi mereka yang memakai lensa kontak.

"Jika eyeliner pensil Anda tajam, dan menyingkirkan bahan-bahan yang kemungkinan menempel di mata, Anda akan lebih sedikit terkena infeksi,” ujar Ng lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro