Ilustrasi/Antara
Health

MUDIK LEBARAN: Waspadai Ancaman ISPA Saat Mudik

Tisyrin Naufalty Tsani
Senin, 13 Juli 2015 - 08:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu penyakit yang sering diderita para pemudik, yang saat ini mulai meramaikan seluruh sarana transportasi.

Guru Besar Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama ‎mengatakan jika sudah terlanjur sakit maka ada dua dampaknya bagi pemudik, baik roda empat, roda dua maupun masinis dan pilot.

Pertama, ISPA seringkali membuat badan jadi lemas. “Sehingga berbahaya kalau mengemudi, termasuk konsentrasi menurun,” katanya melalui keterangan resmi, Sabtu (11/7).

Kedua, obat flu biasanya menimbulkan rasa kantuk, yang tentu juga akan menimbulkan risiko bila diminum pengemudi kendaraan apapun.

Dampak ketiga, yaitu jika didalam mobil saat macet berjam-jam dan di mobil atau bus tersebut ada pasien ISPA yang batuk, maka seisi mobil dapat tertular dan kena ISPA pula.

Jadi, kalau Anda sedang kena ISPA dan akan mudik, apalagi kalau jadi pengemudi, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat dan sesuai. ‎ ‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro