Mata/wikipedia
Health

10 Fakta Mata Manusia yang Menakjubkan

Nancy Junita
Rabu, 12 Agustus 2015 - 07:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling mudah diurus.

Mungkin Anda melupakan bahwa Anda memiliki mata, karena organ ini jarang member masalah dibanding organ lain.

Tapi apakah Anda tahu bahwa organ sederhana ini adalah salah satu organ yang paling kuat dalam tubuh, begitu kuat sehingga menggunakan sekitar 65% dari otak?
Berikut adalah beberapa fakta yang mungkin tidak Anda ketahui  tentang mata manusia:

1. Takpernah istirahat
Mungkin Anda berpikir bahwa ketika Anda sedang tidur siang, mata Anda beristirahat tapi sebenarnya mata tidak pernah benar-benar beristirahat. Kelopak mata dan otot luar mata kadang dapat, tetapi organ utama pernah benar-benar beristirahat.

2. Otot terkuat
Otot-otot terkuat dalam tubuh terletak di mata. Mereka bertanggung jawab untuk memindahkan mata. Jadi, lupakan lengan yang kuat dan kaki, otot-otot di mata Anda jauh lebih kuat.

3.Mata sangat rapuh
Terlepas dari fakta bahwa mata adalah organ yang paling penting dalam tubuh dan bertanggung jawab untuk sekitar 85% dari informasi yang diperoleh manusia, mata begitu rapuh. Berat bola mata hanya sekitar 28 gram.

4.Berkedip 12 kali per menit
Dalam satu menit, mata rata-rata berkedip 12 kali dan kedipan berlangsung selama satu sepersepuluh detik, sehingga manusia benar-benar menghabiskan lebih banyak waktu dengan mata tertutup daripada yang mereka sadari. 

5. Bintik buta
Setiap mata manusia memiliki lubang dikenal sebagai bintik-bintik buta. Bintik ini adalah sebagai hasil dari komunikasi antara retina dan saraf optik meskipun dampak dari bintik-bintik buta di mata yang hampir tak terlihat karena kedua mata bekerja bergandengan untuk mengimbangi bintik buta yang lain.

 6. 39 juta orang buta

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memerkirakan sekitar 39 juta orang di seluruh dunia buta, sementara lebih dari 239 juta orang menderita satu gangguan penglihatan. 

7. Transplantasi mata
Mata adalah salah satu organ tubuh yang tak dapat ditransplantasi, karena  saraf optik yang menghubungkan mata ke otak begitu rapuh. Dengan demikian hampir mustahil rekonstruksi mata berhasil.

8. Sembuh sangat cepat
Mata adalah salah satu organ yang paling cepat sembuh. Dalam 48 jam, goresan kornea diobati akan sembuh selesai.

 9. Air mata

Pernahkah Anda memerhatikan bahwa bayi yang baru lahir tidak menghasilkan air mata ketika mereka menangis? Hal ini karena kelenjar air mata belum sepenuhnya  berkembang, sampai bayi berusia sekitar 2-4 bulan.

10.Warna mata
Beberapa orang memiliki warna mata berbeda, ini dikenal sebagai heterochromia. Warna kedua mata berbeda merupakan bawaan saat lahir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : travel-gist.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro