Chelsea Islan Ingatkan Pentingnya Periksa Payudara

Di tengah kesibukannya sebagai aktris, Chelsea Islan masih menyempatkan diri melakukan kegiatan bersama komunitas kanker payudara Lovepink. Dia berkeinginan agar perempuan memahami pentingnya periksa payudara sendiri atau sadari.
Tisyrin Naufalty Tsani | 02 September 2015 22:37 WIB
Chelsea Islan. - Beranda.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah kesibukannya sebagai aktris, Chelsea Islan masih menyempatkan diri melakukan kegiatan bersama komunitas kanker payudara Lovepink. Dia berkeinginan agar perempuan memahami pentingnya periksa payudara sendiri atau sadari.

Bintang utama film Merry Riana tersebut mengatakan dia ingin memberikan inspirasi serta melakukan edukasi kepada sesama anak muda tentang kanker payudara.

“Harus aware sedini mungkin untuk lakukan sadari,” katanya pada konferensi pers Jakarta Goes Pink 2015 Rabu (2/9/2015).

Menurutnya, penting sekali mempelajari tentang sadari. Apalagi untuk mereka yang masih belia, sebaiknya mulai waspada karena bukan tidak mungkin kanker payudara menyerang mereka yang berusia belum genap 20 tahun.

Sadari merupakan suatu cara pemeriksaan paling mudah untuk melihat ada atau tidaknya keanehan pada payudara yang patut dicurigai sebagai kanker.

Dia tertarik untuk mendukung komunitas Lovepink mengingat ibunya, Samantha Barbara, adalah perempuan yang pernah berjuang melawan kanker payudara. Samantha saat ini aktif sebagai Ketua Komunitas Lovepink.

Chelsea selalu berupaya untuk memberikan dukungan moral kepada ibunya saat terdiagnosa kanker payudara pada 2013.  Kala itu dia dan sang ibu juga sama-sama belajar tentang kanker payudara untuk menambah pengetahuan.

 

Berikut ini cara melakukan sadari:

--Berdiri tegak di depan cermin dan perhatikan jika ada perubahan pada bentuk atau permukaan kulit payudara, mungkin juga ada pembengkakan atau perubahan pada puting.

--Angkat lengan kanan ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kanan memegang leher bagian belakang. Gunakan tiga ujung jari tangan kiri, raba dan tekan area payudara. Perhatikan seluruh bagian payudara kanan hingga area ketiak. Lakukan gerakan menekan dan meraba dengan cara membuat lingkaran-lingkaran kecil dengan arah naik dan turun.

--Lalu lakukan gerakan membentuk lingkaran-lingkaran kecil dari bagian luar ke dalm payudara

 

--Setelah itu, lakukan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kiri.

 

--Pencet kedua puting satu per satu. Puting kanan dengan telunjuk dan ibu jari kiri dan sebaliknya. Cermati bila ada cairan. Konsultasi dengan dokter jika ada cairan keluar. (Sumber: Lovepink)

 

 

 

 

 

 

 

Tag : kanker payudara
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top