Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Minum Setiap Harinya?

Sangat penting untuk minum air sesuai yang cukup setiap hari, dan menjadikannya gaya hidup sehat Anda setiap harinya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 23 Oktober 2015  |  11:16 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Sangat penting untuk minum air sesuai yang cukup setiap hari, dan menjadikannya gaya hidup sehat Anda setiap harinya.

Meski demikian, masih banyak orang yang abai akan hal itu, dan juga belum paham benar berapa banyak air yang dibutuhkan tubuhnya setiap harinya.

Air adalah komponen kimia utama tubuh Anda manusia dan merupakan penghancur racun alami, kebanyakan orang mengatakan dibutuhkan setidaknya 8-10 gelas air putih sehari yang harus dikonsumsi manusia agar tetap sehat.

Ternyata, kebutuhan asupan air masing-masing orang itu berbeda. Ahli gizi asal India Venu Adhiya Hirani mengatakan tubuh masing-masing orang memerlukan asupan air yang berbeda. Bisa 8-10 gelas sehari atau bahkan butuh hingga 12 gelas air sehari.

Dan yang mesti diingat adalah asupan air bukan hanya berasal dari air putih saja, namun juga termasuk air teh, susu, hingga sayur dibutuhkan sekitar 2,5 liter sehari.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan air tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti menurut timesofindia.com berikut ini:

Minum sesuai dengan gaya hidup
Menurut ahli gizi Nupur Krishnan, gaya hidup seseorang memainkan peran penting dalam menentukan jumlah air yang satu harus mengkonsumsi.

"Jika Anda memiliki gaya hidup dan bekerja di lingkungan udara di mana tidak banyak mengeluarkan keringat, minum lebih dari 2 hingga 2,5 liter air sudah cukup. Ini untuk menghindari terjadinya gagal ginjal dan edema.

Untuk pekerja moderat seperti penjual, yang diperlukan untuk melakukan aktivitas fisik, penting untuk minum sekitar tiga liter air.

Konsumsi air selama musim panas
Juga, perlu mengubah kebiasaan konsumsi air dengan perubahan musim. Misalnya, penting untuk menjaga diri terhidrasi selama musim panas. "Jika Anda tidak menderita diabetes atau tekanan darah, Anda dapat minum minuman berelektrolit atau glukosa air yang cukup.  

Hal ini tidak hanya menyegarkan, tapi juga meningkatkan tingkat energi Anda," kata Krishnan. Selain itu, penting untuk minum jumlah air dengan volume maksimum di pagi hari. "Setelah bangun, penting untuk minum sekitar 2-4 gelas air,. Anda juga bisa menambahkan beberapa jumlah lemon, madu dan kayu manis di dalamnya,” ujar Hirani.

Panduan air Anda
- Minum sekitar 2-4 gelas air (sekitar sebesar 800 ml) setelah bangun tidur di pagi hari
- Jika Anda bekerja di lingkungan airconditioned dan mengikuti gaya hidup, tidak minum lebih dari 2 hingga 2,5 liter air per hari
- Untuk pekerja dengan potensi berkeringat lebih banyak, penting untuk minum sekitar tiga liter air
- Selama musim panas, menjaga diri terhidrasi dengan minum air secara berkala. Jika Anda tidak menderita diabetes atau tekanan darah, minum elektrolit atau air gula ini juga dianjurkan

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top