Ilustrasi/Noonlife
Relationship

5 Cara Hadapi Perubahan di Kantor Agar Tidak Mengganggu Kinerja

Yulianisa Sulistyoningrum
Kamis, 29 Oktober 2015 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perubahan pasti akan selalu terjadi dalam dunia bisnis. Terkadang hal ini membuat karyawan menjadi takut atau cemas.

Sebagai pengusaha, Anda harus bisa meyakinkan para karyawan kalau perubahan yang terjadi akan berdampak baik bagi perusahaan. Solusinya sederhana, biarkan mereka terlibat di dalamnya.

Buatlah bisnis dan budaya kerja di perusahaan Anda tetap sehat dengan mengikuti 5 langkah ini, seperti ditulis SmallBizTrends.

1. Lakukan pembicaraan dua arah

Pembicaraan soal perubahan yang terjadi di perusahaan tidak bisa dengan satu arah saja. Ketika hanya Anda, sebagai pemilik perusahaan, yang berbicara maka semua perkataan tersebut hanya menjadi ceramah di telinga karyawan.

Hal tersebut hanya membuat situasi semakin tegang. Cobalah membuat Anda lebih mudah didekati supaya karyawan tetap semangat bekerja.

2. Ajukan pertanyaan

Tunjukkan ketertarikan Anda pada pandangan karyawan soal perusahaan. Tunjukkan pula simpati ketika mereka berbicara soal perannya di perusahaan.

Fokus pada jawaban para karyawan Anda soal ketakutan mereka kehilangan pekerjaan, strategi yang tepat dalam bekerja, dan saran untuk perusahaan.

3. Dengarkan karyawan Anda

Semua pembicaraan soal perubahan di perusahaan akan sia-sia kalau Anda tidak benar-benar mendengarkan perkataan karyawan. Masukan dari mereka bisa membuat perbedaan di perusahaan dan secara positif berdampak ke performa kerjanya.

Ketika karyawan melihat Anda mengambil inisiatif dan memberi pertimbangan kepada pemikirannya, maka level kepercayaannya terhadap Anda akan meningkat.

4. Kembangkan strategi

Ketika Anda telah berbicara dengan para karyawan dan mengerti apa yang menjadi perhatian, observasi, dan saran mereka, maka Anda bisa menyusun strategi. Strategi ini untuk memastikan kemanaan, kenyamanan, dan struktur kerja seluruh karyawan.

5. Implementasikan strategi

Mengembangkan strategi saja tidak cukup. Pelaksanaannya lebih penting lagi. Beritahukan rencana ini dan bagaimana Anda ingin semua terlaksana supaya semua karyawan merasa nyaman, aman, dan dapat meningkatkan performanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro