Health

Pertama Kali, Dokter Amerika Cangkok Kelamin Pria

Newswire
Selasa, 8 Desember 2015 - 15:47
Bagikan

Jaringan

Meski para dokter bedah bisa membuat penis dari jaringan yang diambil dari bagian lain tubuh pasien --satu operasi sudah banyak dilakukan pada pria transgender-- namun ereksi tidak mungkin tanpa cangkok, dan implan posisinya seringkali bergeser, membuat infeksi datang dan pergi, kata Dr Richard J Redett, direktur bedah plastik dan rekonstruktif pediatri di Johns Hopkins.

Karena alasan itu, dia mengatakan, tim Johns Hopkins menganggap transplantasi sebagai solusi terbaik ketika penis tidak bisa diperbaiki atau direkonstruksi.

Jika transplantasi gagal, ia melanjutkan, maka cangkokan akan diambil kembali dan tidak akan membuat kondisi penerima lebih buruk dari sebelum operasi.

Transplantasi memungkinkan jika saraf dan saluran darah tertentu menyatu dengan penerima, demikian pula uretra, saluran yang mengangkut urin keluar dari tubuh.

Seperti para transplantasi organ lain, proses penapisan juga meliputi kepastian bahwa calon penerima secara psikologi siap, memahami risiko dan manfaat, dan bisa menjalani pengobatan anti-penolakan dan keluarganya mendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro