Pencak silat/ilustrasi-wikipedia.org
Show

Promosikan Pencak Silat, PPSI Gelar Pertunjukan di Kota Tua

Tri Ariyono Maelite
Minggu, 13 Desember 2015 - 06:27
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta-- Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Gelar pertunjukan di kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua. Pegelaran diadakan tepat didepan gedung museum wayang mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB, Sabtu (12/12/2015).

Aksi ini mendapat apresiasi dan antusias yang cukup tinggi dari pengunjung Kota Tua hari ini. Ada dua perguruan pencak silat di Jawa Barat ikut serta dalam pertunjukan yakni Cakra Buana dan Mustika Cengkreng.

Kedua perguruan membuka acara dengan iringan musik gendang seraya meragakan gerkan senam PPSI yang pernah diciptakan oleh 25 perguruan pencak silat di Jawa Barat. Setelah itu disusul dengan atraksi tenaga dalam yang merupakan karakteristik dari seni bela diri pencak silat.

Menurut Abah Heriyanto, sesepeuh PPSI Cakra Buana, pertunjukan ini diadakan demi mempromosikan budaya bangsa pada masyarakat luas serta upaya melestarikannya.

"Acara ini sengaja kami adakan di Kota Tua supaya dapat ditonton banyak orang. Inikan tempat pariwisata. Banyak Dikelilingi museum. Banyak orang yang kesini untuk wisata sejarah dan budaya. Mungkin aja ada yang mau bergabung sama kami" Ujarnya, Sabtu (12/12/2015)

PPSI sendiri sudah didirkan sejak 1956 di Bandung dan masih aktif hingga saat ini. Abah menambahkan,pintu terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin bergabung dan belajar. tanpa syarat yang rumit, calon siswa diperbolehkan masuk tanpa dipungut biaya selama direstui orang tua.

"Kalau untuk masuk mulai dari anak sekolah dasar sampai orang tua juga boleh masuk. Yang penting dapat restu dari orang tua untuk bergabung. Karena restu orang tua juga restu dari Tuhan. Asal yakin, bisa cepat belajarnya." tambahnya.

Ia berharap PPSI juga mendapat perhatian dari pemerintah untuk kelangsungan hidup organisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro