Travel

Jokowi: Percepat Pengembangan 10 Destinasi Wisata Utama

Irene Agustine
Selasa, 2 Februari 2016 - 16:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Presiden RI Joko Widodo meminta kementerian terkait untuk mempercepat pengembangan destinasi 10 wisata di tanah air pada tahun ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Jokowi mengatakan perlu adanya terobosan dan regulasi yang mendukung percepatan sehingga hasilnya bisa cepat dinikmati masyarakat.

"Kami minta Kementerian Pariwisata untuk melakukan percepatan di 10 destinasi utama, termasuk industri kreatif. Saya minta dipercepat di 2016 ini," katanya, dalam sambutan pendahuluan rapat terbatas di Kantor Staf Presiden, Selasa, (2/1/2016).

Sepuluh destinasi wisata yang dimaksud antara lain Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Bromo, Borobudur, Mandalika, Wakatobi, Morotai dan Pulau Komodo.

Sepanjang tahun lalu, Jokowi cukup puas dengan laporan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang menyebutkan jumlah wisatawan asing meningkat 4,4% menjadi 10,4 juta orang.

"Jumlah itu tumbuh diatas rata-rata negara ASEAN lain, pertumbuhan rata-rata turis di ASEAN mencapai 6%," ujarnya.

Khusus untuk wisata Danau Toba, Presiden mengharapkan Kementerian terkait segera memperkuat pengembangan bandara, pelabuhan sampai jalan guna memudahkan wisatawan.

"Saya juga minta siapkan brandingnya, [perencanaan] pelayanan standar internasional dan budaya dari daerah setempat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro