Pulau Kakaban. /kakaban.co.id
Travel

Pemprov Kaltim Akan Bentuk Masterplan Percepatan Pembangunan Pariwisata

Yanita Petriella
Selasa, 16 Februari 2016 - 10:00
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan membuat masterplan percepatan pengembangan pariwisata.

Kepala Dinas Kebuadayaan dan Pariwisata Kaltim HM Aswin mengatakan pembuatan masterplan percepatan pengembangan pariwisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wista di sejumlah objek wisata di daerah ini.

Target objek wisata itu di antaranya Pulau Kakaban (Berau), Tepian Mahakam (Samarinda), Kota Bangun (Kukar) dan Tanjung Isuy (Kubar), dan Long Bagun (Mahulu).

"Secara bertahap akan dibangun beberapa fasilitas dan sarana penunjang objek wisata, berupa pembangunan pelabuhan, baik untuk sungai dan pelabuhan laut, kemudian pembangunan jogging track di Labuan Batu (Berau). Sekarang sudah realisasi fisik," ujarnya seperti yang dikutip dari Laman Pemprov, Selasa (16/2/2016).

Dia menambahkan jalan pendekat dari Berau ke Tanjung Batu saat ini dalam proses pembangunan dengan dukungan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Kaltim.

Saat ini, infrastruktur jalan menuju Kabupaten Berau saat ini sudah mulus dan tidak ada lagi lubang -lubang yang dapat mengganggu arus transportasi jalan darat.

Pihaknya mengapresiasi program Kementerian Pariwisata melalui target 20 juta kunjungan mancanegara dengan usaha-usaha memperbaiki sarana dan prasarana objek wisata.

Dia menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan di Kaltim meningkat baik pengunjung mancanegara maupun Nusantara.

Pada 2014, jumlah pengunjung mencapai 28.000 dan bertambah menjadi 49.000 pengunjung pada 2015.

"Sekitar 0,2% berasal dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan yang terbang langsung dari Singapura dan Malaysia. Sementara yang lainnya, kita data dari kabupaten/kota yang menginap di hotel-hotel di Kaltim," tutur Aswin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro