Moscato Sababay/dokumentasi
Fashion

Wine Asal Bali Sababay, Raih Penghargaan The AWC Vienna International Wine Challenge 2015

Mia Chitra Dinisari
Senin, 29 Februari 2016 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Sababay, wine asal Bali kembali meraih penghargaan internasional di ajang The AWC Vienna International Wine Challenge 2015.

2 produk Sababay yaitu White Velvet dan Moscato d'
Bali meraih medali perak sementara Sababay Reserve Red mendapatkan Seal of Approval. The AWC Vienna adalah kompetisi wine terbesar yang diakui secara resmi di dunia dengan jumlah peserta sebesar 1.800 produsen dari 40 negara. 

Sebelumnya Sababay Moscato d'Bali telah memenangkan penghargaan perak dari Singapore Wine & Spirits Awards 2014, dan  menyabet tiga medali di ajang CWSA 2015 (Cina Wine & Spirits Awards). Selain China, Japan Wine Challange 2015 juga menganugerahi Seal of Approval untuk Ludisia serta Moscato d'bali. Selanjutnya, Sababay White Velvet juga meraih medali
perunggu di Korean Wine Challenge baru-baru ini (KWC).

"Hal ini mematahkan persepsi bahwa Indonesia tidak dapat memproduksi wine berkualitas. Penghargaan-penghargaan ini juga menempatkan Indonesia di peta penghasil wine berkualitas dunia”, ungkap Manpalagupta Sitorus, Marketing Director Sababay Winery.

Dia mengatakan tanaman anggur dapat tumbuh dengan baik
di Indonesia dengan iklim yang cenderung kering dengan suhu udara malam hari yang cukup dingin. Dengan pemilihan lokasi serta varietas anggur yang tepat, budidaya anggur di Indonesia dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan bagi petani anggur dan produsen wine local”, ungkap Gupta.

Sababay  mendapatkan suplai anggur untuk produksi wine dari petani lokal di Buleleng, Bali.
Dengan menggagas konsep corporate farming, Sababay melakuan kemitraan dengan petani untuk penjualan anggur secara eksklusif dengan harga yang wajar.

Sistem ini menciptakan siklus produksi dan panen yang berkelanjutan dan mutu hasil panen yang stabil. Kolaborasi dari sistem kendali suhu yang canggih serta teknik irigasi lahan yang baik dan seleksi rootstock yang lebih seksama memungkinkan Sababay Winery untuk mengubah anggur menjadi ‘berlian dalam botol’.


Selama beberapa tahun terakhir, kawasan Utara Bali telah berkembang menjadi pusat perkebunan anggur dan produksi wine. Diluncurkannya rangkaian wine New Latitude menjadi konfirmasi akan kecocokan dan potensi dari budidaya anggur Alphonse Lavallée di kawasan tropis ini.

Evy Gozali, CEO Sababay mengungkapkan, potensi pertumbuhan produksi wine di Asia, khususnya di Bali, yang merupakan satu contoh yang sangat baik dari kegiatan ekonomi kreatif untuk memberikan nilai tambah atas produk perkebunan anggur. "Untuk itu, kami bertekad menjadi ujung tombak dari konsep ‘Pertanian Terpadu’ yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani anggur lokal.” ujarnya.

Evy menambahkan bahwa Sababay memiliki visi untuk menjadi winery lokal dengan manajemen profesional terbaik dan berkelanjutan serta terbaik di kawasan Asia Tenggara, serta memaksimalkan potensi pertanian dan perkebunan di Indonesia melalui transfer teknologi pembuatan wine serta penerapan prinsip-prinsip perdagangan yang adil dan konsep pertanian terpadu. Evy juga menekankan bahwa salah satu filosofi penting yang diterapkan di Sababay  adalah pemeliharaan alam dan lingkungan.

Sebagai produsen wine berteknologi tinggi, Sababay mengoperasikan fasilitas produksi seluas lebih dari 2 hektar yang dilengkapi dengan peralatan pengolahan anggur tercanggih yang didatangkan langsung dari Perancis.

Fasilitas produksi Sababay menerapkan standar internasional dengan peralatan fermentasi dan tangki penyimpanan terbuat dari stainless steel sementara sistem pembotolan otomatis langsung didatangkan dari Italia. Pabrik ini juga dilengkapi dengan sistem penyimpanan suhu dingin untuk produk jadi, laboratorium kendali mutu, sistem pengelolaan limbah padat dan cair yang berkelanjutan, dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro