Ilustrasi wanita berusia tua/livescience.com
Relationship

Tips Tetap Sehat di Masa Tua

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Maret 2016 - 11:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Ketika memasuki hari tua, semua orang berpikir akan hal-hal negative bakal terjadi dalam hidupnya.

Mulai dari kehilangan energy dan stamina, rentan terhadap penyakit, hingga kematian sudah di depan mata.

Sebagai contoh, beberapa stereotip yang sangat umum bahwa orang-orang yang ada dalam pikiran tentang menjadi tua sedang sendirian, tergantung pada orang lain, ketidakmampuan untuk melakukan tugas-tugas sederhana, dan lain sebagainya.

Untungnya, mitos seperti tentang penuaan sudah dibantah oleh para peneliti. Mereka menyatakan banyak orang yang salah kaprah soal pertambahan usia yang dikaitkan dengan ketidak mampuan fisik. Padahal, banyak orang yang meski di usia tuanya masih bisa melakukan hal-hal yang umumnya dilakukan kaum muda.

Namun, banyak orang yang akhirnya memunculkan mitos yang sama sekali salah. Berikut beberapa mitos berikut ini:

Penuaan identic dengan mudah sakit

Ya ada perubahan fisiologis dalam tubuh dan kesehatan harus menjadi prioritas tapi itu tidak berarti bahwa Anda terus-menerus tidak sehat dan lelah. Dengan diet sehat yang melibatkan suplemen gizi dan rezim latihan yang tepat, untuk menjaga sistem kekebalan yang kuat, Anda dapat dengan mudah tetap sehat.

Ketahanan mental menurun

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang tua cenderung memiliki ketahanan mental yang lebih tinggi. Mereka bisa mendapatkan lebih dari kondisi yang merugikan, memperbaiki yang salah dan beradaptasi dengan yang baru juga.

Sakit sendi

Kebenarannya adalah sakit sendi bisa diatasi dengan gaya hidup yang sehat dan bisa dipicu karena tidak berolahraga yang baik sehingga sendi Anda menjadi lemah dan sakit.

Penuaan mengekang Libido Anda:
Hasrat seksual bisa mengurangi sedikit tapi bahkan yang terjadi sebagian besar pada usia 70  tahun.Untuk lain penurunan libido sering akibat dari kondisi medis lain seperti BP tinggi, diabetes, depresi. Beberapa latihan sederhana bisa menyelesaikan masalah ini.

Bertambah usia akan mengurangi kebutuhan tidur
Jam tidur Anda tidak perlu dikurangi tetapi pola tidur mungkin agar Anda bisa lebih sehat.

Tua berarti merasa Kesepian
Beberapa orang tua lebih suka hidup lebih dalam kesendirian tapi itu tidak berarti mereka kesepian. Di sisi lain beberapa dari mereka mungkin memiliki pekerjaan dan kelompok-kelompok sosial seperti orang-orang muda yang normal hanya saja kegiatan mereka dan waktu masa lalu mungkin berbeda

Tua akan memperburuk Daya Otak Anda:
Hal ini sering dianggap bahwa semua orang tua menderita demensia, depresi dan sebagainya. Ini tidak benar. Kekuatan otak tetap baik-baik saja dan mereka dapat belajar keterampilan baru dan bisa meregenerasi kemampuannya agar tidak semakin buruk.

Usia tua membuat orang tidak kompeten
keterbatasan fisik tidak mempengaruhi kecerdasan dan karenanya ini lagi adalah mitos besar.

Kebiasaan Makan Tidak Perlu Diubah
Anda mungkin mengikuti rezim yang sangat sehat hari ini, tapi dalam beberapa tahun lebih tua Anda akan harus berubah. kebutuhan makanan berubah dengan perubahan dalam tahap kehidupan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro