Pulau Tiban di Kendal/Istimewa
Travel

Pulau Tiban, Destinasi Wisata Baru di Kendal

Muhammad Khamdi
Selasa, 12 April 2016 - 17:35
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Pulau Tiban di Kecamatan Patebon Jawa Tengah merupakan destinasi wisata baru yang mulai dilirik wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kendal Agus Rifai menuturkan, awalnya dilokasi itu tidak ada daratan yang menyembul ke permukaan. Namun, seiring perjalanan waktu, permukaan daratan lambat laun mulai menyembul dan nampak seperti pulau.

Kondisi itu membuat warga tertarik untuk melirik, dan menamainya Pulau Tiban. Tanaman yang cocok tumbuh di pantai seperti cemara, brayo, juga mangrove.

Mangrove dianggap sebagai tanaman paling cocok, selain mudah mendapatkannya bibit, mangrove juga mudah ditanam. Disamping itu, mangrove memiliki akar yang kuat terhadap terpaan ombak, sehingga keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk menahan ombak agar terhindar dari abrasi.

Diperkirakan pada sekitar 2014, Pulau Tiban benar-benar sudah menampakkan dirinya sebagai sebuah daratan yang memanjang dari arah barat ke arah timur sepanjang hampir 1 kilometer. Luas daratannya terus bertambah.

“Keindahan pulau Tiban mulai digarap untuk dijadikan sebagai lokasi tujuan wisata,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (12/4/2016).

 

Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro