Dokter gigi memeriksa kesehatan gigi pasien/Antara
Health

Waspadai Daging Tumbuh Pada Gigi Berlubang

Veronika Yasinta
Minggu, 15 Mei 2016 - 16:25
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Gigi yang berlubang dan terus didiamkan akan menyebabkan terjadinya pulpa polip atau gingival polip seperti daging yang tumbuh di tengah lubang gigi.

Dokter Gigi Oktri Manessa dari Oktri Manessa Dental Care (OMDC) menjelaskan pulpa polip memiliki ciri umum seperti warna daging yang merah, bengkak, dan mudah berdarah. Sementara, gingival polip memiliki ciri kebalikan dari pulpa polip, tetapi keduanya disebabkan karena lubang pada gigi yang tidak dilakukan perawatan dalam waktu yang lama.

“Nah, kalau sudah mengalami keadaan seperti itu, dokter biasanya akan melakuan pengangkatan daging tersebut,” katanya melalui akun instagram @drg_oktrimanessa.

Setelah daging terangkat, dokter biasanya akan melihat dulu kemungkinan gigi disekitarnya masih bisa dilakukan perawatan saluran akar atau penambalan. Opsi terakhirnya, dokter akan melakukan pencabutan gigi. Dia berharap masyarakat mulai peduli terhadap kesehatan giginya.

“Semakin lama didiamkan semakin banyak bakteri yang bersarang di dalamnya. Bau mulut juga bisa berasal dari situ,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Veronika Yasinta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro