Health

Foodbank of Indonesia Imbau Pola Gizi Seimbang

Reni Efita
Jumat, 10 Juni 2016 - 15:13
Bagikan

Bisnis.com,  JAKARTA – Organisasi non-profit  Foodbank of Indonesia (FOI) yang berada dibawah Yayasan Lambung Pangan Indonesia menyelenggarakan program Mentari Bangsaku mengajak 1.400 keluarga menerapkan pola makan gizi seimbang.

Kegiatan yang berlangsung di Jakarta dan Surabaya itu berbagi makanan bergizi seimbang di sekolah dasar dan keluarganya disertai edukasi mengenai kesehatan dan gizi.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan gizi dan kesehatan kepada kalangan orang tua, siswa dan pendidik serta untuk mendukung perbaikan gizi keluarga menengah ke bawah khususnya anak sekolah.

Direktur FOI, Hendro Utomo mengharapkan kegiatan itu dapat membentuk pola hidup sehat sejak dini pada anak bangsa.

“ Anak-anak merupakan mentari-mentari bangsa yang menentukan masa depan negara kita, pembentukan pola hidup sehat pada anak juga harus melibatkan keluarga dan guru karena mereka adalah pemberi pengaruh paling kuat pada anak,” katanya.

Wida Septarina, Direktur Program Mentari Bangsaku mengatakan berdasarkan data dari Departemen Kesehatan (Depkes) dari 66 juta anak usia sekolah (sensus 2010), sekitar 20 – 40 % berangkat sekolah dengan perut lapar.

Rasa lapar itu menyebabkan timbul rasa malas, lemas, lesu, lebih emosional, gelisah, dan anemia.

Hal tersebut tentu menganggu proses belajar mengajar di sekolah, pelajaran pun tidak dapat diserap dengan sempurna.

Kelaparan biasanya terjadi karena kemiskinan, kurangnya pengetahuan dan kesibukan orang tua.

“Persoalan gizi anak sekolah merupakan persoalan serius mengingat kelak anak-anak ini akan menjadi penerus bangsa, menentukan masa depan Indonesia” jelas Wida, dalam rilisny ayang diterima (10/6/2016).

Di Surabaya kegiatan itu melibatkan 4 SD dan di Jakarta melibatkan 5 sekolah di Wilayah Cilincing, Jakarta Utara dan Kebayoran.

Dalam kegiatanyang yang didukung Sari Husada  itu, FOI juga bekerjasama dengan IDI untuk memberikan pemeriksaan kesehatan gratis.

Penerapan pola makan gizi seimbang sangat penting untuk anak usia sekolah agar pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental mereka tidak mengalami gangguan.

FOI merupakan organisasi non-profit dibawah naungan Yayasan Lumbung Pangan Indonesia yang bertujuan untuk mempertemukan pihak yang berkelebihan makanan dan masyarakat yang tidak memiliki akses pangan yang layak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro