news.babe.co.id
Travel

Ini Penampakan 'Si Pirang' Kayla yang Baru Lahir di Safari

Anitana Widya Puspa
Kamis, 7 Juli 2016 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berkunjung ke Taman Safari Prigen pada periode libur Lebaran kali ini tentu tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi 'Si Pirang' bayi bison yang baru lahir bulan lalu.

Menurut Marcom Manager Taman Safari Indonesia II Ashrully Setia Yudanto, pengunjung dapat mengunjungi bayi bison ini di kawasan exhibit Asia.

“Ada kelahiran bayi bison tanggal 2 Juni lalu berjenis kelamin betina, yang diberi nama Kayla,” Katanya, Kamis (7/7/2016).

Dengan kelahiran Kayla,  bertambahlah anggota keluarga bison Amerika di Safari Prigen. Kayla, bison ke-3, lahir dari pasangan bison Amerika, Nanduira dan Kiasulin, di Safari Prigen. Dua bison lainnya, Keysa dan Keyla, juga lahir dari pasangan bison tersebut. 

Saat lahir, berat badan Kayla sekitar 20 kg. Bayi bison ini lahir dengan rambut kekuningan alias pirang.

Menurut keterangan Taman Safari Prigen, makanan utama bison Amerika adalah rumput. Apabila tidak tersedia, bison akan mengonsumsi tanaman semak, tanaman berbunga, dan daun-daunan.

Anak bison biasanya terlahir dengan berat 15-25 kg. Saat lahir, anak bison memiliki rambut berwarna kekuningan dan akan berubah menjadi cokelat setelah 2,5 bulan dan akan diasuh induknya selama tujuh hingga delapan bulan.

Usia matang kelamin antara bison betina dan jantan berbeda-beda. Bison betina mengalami matang kelamin pada usia dua hingga tiga tahun, sementara bison jantan tiga tahun. Akan tetapi, pejantan baru siap kawin pada usia enam tahun. Musim kawin terjadi pada akhir Juni hingga September.

Lama bunting sekitar sembilan hingga 10 bulan. Betina akan menyendiri menjelang melahirkan hingga mengasuh anaknya. Bison hanya melahirkan satu ekor anak saja dan sangat jarang terjadi kelahiran kembar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro