Show

Pementasan Sukreni Gadis Bali Kenalkan Sastra ke Generasi Muda

Azizah Nur Alfi
Senin, 1 Agustus 2016 - 11:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Novel karya sastrawan Indonesia, AA Panji Tisna, yang diadaptasi ke dalam pertunjukan teater berjudul Sukreni Gadis Bali baru saja dipentaskan di Galeri Indonesia Kaya, akhir pekan ini. Pementasan dinilai tepat untuk mengenalkan karya sastra ke generasi muda.

Pementasan Sukreni Gadis Bali yang disutradarai Wawan Sofwan menampilkan dialog antara dua orang yang diperankan Reuben Elishama dan Angelina Arcana.

Sukreni Gadis Bali bercerita tentang Ida Bagus Swamba dan Sukreni yang sebentar lagi akan menikah. Seminggu sebelum hari pernikahan mereka, Sukreni menghilang. Ida Bagus Swamba dengan patah hati mencari Sukreni ke mana pun dan tidak berhasil menemukannya.

Setelah beberapa waktu, Ida Bagus Swamba bertemu dengan Astaman yang mengetahui keberadaan Sukreni. Swamba mendatangi Sukreni, meminta jawaban dari Sukreni. Sukreni menceritakan sebuah tragedi pahit yang menimpanya menjelang hari pernikahan mereka.

"Menampilkan pementasan yang mengangkat cerita dari novel adalah salah satu cara efektif untuk mengenalkan generasi muda akan karya-karya sastra Indonesia yang telah mendunia. Saya menyambut positif perkembangan saat ini, dengan adanya internet membuat orang sadar bahwa membaca buku dan sastra itu adalah hal yang keren," tutur jurnalis sekaligus penulis, Leila S Chudori, seperti dikutip dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (31/7/2016).

Dalam kegiatan tersebut, Leila S Chudori turut hadir menceritakan sastra-sastra Indonesia yang telah dinikmati di seluruh dunia.

Salah satu pemeran, Reuben Elishama, tertantang membawakan peran sebagai pemuda Bali. Pementasan ini mengharuskan dia mempelajari adat istiadat Bali agar dapat menyelami karakter Ida Bagus Swamba.

"Angelina Arcana sangat membantu saya dalam riset ini. Ini menjadi pengalaman berbeda di atas panggung teater dibanding di layar kaca seperti yang selama ini saya lakukan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro