Ilustrasi/Codyapp
Health

Anda Sering Merasa Haus? Mungkin Ini Penyebabnya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 10 Agustus 2016 - 14:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Sebagian besar dari kita sudah menyadari pentingnya air minum dan bagaimana tingkat optimal dari air yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Seperti kita ketahui, orang dewasa harus minum setidaknya 2 liter air dalam sehari. Jika tidak, seseorang dapat menderita berbagai penyakit yang disebabkan oleh dehidrasi.

Minum air, ketika Anda sangat haus, dikatakan salah satu perasaan terbaik di dunia! Namun, apa pun bisa dilakukan secara berlebihan juga tidak baik.

Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan Anda, jika Anda minum air secara berlebihan, atau merasa haus terus menerus tentunya akan mengganggu aktivitas Anda.

Misalnya Anda akan bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dan sering merasa kehausan juga bisa jadi tanda tubuh Anda mengalami gangguan. Berikut beberapa penyebab yang membuat Anda selalu merasa haus seperti dilansir boldsky.com:

1. Kelebihan Garam
Jika Anda menggunakan terlalu banyak garam dalam makanan Anda, dapat membuat Anda merasa terus-menerus haus, garam dapat mendehidrasi sel-sel tubuh Anda, membuat mereka menginginkan lebih banyak air.

2.Olahraga pagi
Meskipun olhraga ppagi adalah kebiasaan yang baik, namun juga dapat membuat Anda merasa haus sepanjang hari, karena tubuh Anda kehilangan banyak air dan elektrolit ketika Anda berkeringat itu di pagi hari.

3. Diabetes
Jika Anda terus-menerus merasa haus, itu adalah ide yang baik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kemungkinan kena diabetes. Sering buang air kecil, yang merupakan kondisi yang dihadapi dalam diabetes, bisa membuat Anda merasa lebih haus.
4. Xerostomia
Xerostomia adalah gangguan langka yang menyebabkan kekeringan di mulut karena kelenjar ludah tidak aktif, sehingga membuat Anda terus-menerus merasa haus

5. Anemia
Jika Anda menderita kekurangan zat besi atau anemia, sel-sel tubuh Anda menjadi kehilangan cairan, sehingga membuat Anda merasa dehidrasi dan haus sepanjang waktu.

6. Obat-obatan
Obat-obatan tertentu seperti anti-depresan, antibiotik, dll, dapat menginduksi dehidrasi, sehingga membuat Anda merasa haus terus-menerus.

7. Sinar matahari
Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk tinggal di bawah sinar matahari selama berjam-jam, atau jika Anda latihan atau berjalan di bawah sinar matahari secara teratur, kemungkinan besar tubuh Anda akan dehidrasi pada akhir hari, dan membuat Anda merasa haus






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro