Gertakan gigi yang beradu ini apabila dibiarkan bisa berbahaya karena akan merusak lapisan terluar gigi atau enamel. Kerusakan pada Enamel bisa memicu permasalahan gigi lainnya./Bisnis
Health

Bruxism, Gertakan Gigi yang Bisa Picu Kerusakan Enamel

Veronika Yasinta
Minggu, 4 September 2016 - 00:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Jika tertidur dan tanpa sadar gigi sering mengeluarkan suara gertakan saat beradu. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah bruxism. 

Gertakan gigi yang beradu ini apabila dibiarkan bisa berbahaya karena akan merusak lapisan terluar gigi atau enamel. Kerusakan pada Enamel bisa memicu permasalahan gigi lainnya.

Dokter Gigi Oktri Manessa dari Oktri Manessa Dental Care (OMDC) mengatakan bruxism biasanya terjadi pada anak-anak terutama ketika sedang masa pertumbuhan gigi. Sementara, bruxism yang terjadi pada orang dewasa bisa terkait dengan kondisi psikis seperti stres, marah, sakit, dan frustasi.

"Solusinya beda-beda, tergantung sebabnya. Kalau sebabnya karena stres, ya, harus diobati dulu kondisi psikisnya, baru kebiasaan bruxism bisa diatasi," katanya dalam akun Instagram @drg_oktrimanessa, Sabtu (3/9/2016).

Selain itu, solusi lainnya yang ditawarkan dokter adalah memberikan terapi berkala dengan alat pelindung gigi atau night guard. Pelindung gigi akan dicetak sesuai dengan struktur gigi pasien. 

Night guard dianjurkan dipakai sebelum tidur pada malam hari untuk melindungi gigi saat beradu.

"Dengan pemasangan night guard rutin di malam hari, diharapkan kebiasaan bruxism akan hilang secara perlahan," lanjutnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Veronika Yasinta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro