Ilustrasi/Msutoday
Health

Begini 6 Langkah Cara Cuci Tangan yang Benar

Atiqa Hanum
Rabu, 12 Oktober 2016 - 00:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ritual sebelum makan biasanya didahului dengan kegiatan mencuci tangan. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara mencuci tangan yang benar agar tangan kembali higienis.

Operator penyediaan dan pelayanan air bersih untuk wilayah Barat DKI Jakarta, PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja), memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang jatuh setiap 15 Oktober dengan mengajarkan kepada sekitar 150 pelajar dari SDN 20 Pejaten Timur, Jakarta Selatan.

Tim dokter dari Rumah Sakit Permata Pamulang memberikan materi edukasi menarik yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Dokter Anis menjelaskan arti dari cuci tangan itu sendiri yakni mencuci sampai bersih dengan menggosok dan dibilas air mengalir. Apa sih tujuannya ialah agar tangan bersih dari kotoran dan menghindari masuknya kuman.

“Kapan sih cuci tangan itu diperlukan? Sebelum dan sesudah makan, sebelum tidur, setelah bermain, setelah buang air besar dan juga setelah melakukan interaksi dengan benda apa saja,” bebernya dalam perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia di SDN 20 Pejaten Timur, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2016).

Cara mencuci yang benar pertama kali ialah basahi tangan hingga sepertiga lengan di bawah air mengalir. Ambil sabun ke telapak tangan lalu usapkan kedua telapak sampai empat kali.

Kedua, basuh telapak tangan ke salah satu punggung tangan lain dengan menggosokannya dan dilakukan secara bergantian ke tangan yang lainnya sebanyak empat kali juga,” paparnya.

Ketiga, Anis menerangkan gosok sela-sela jari. Keempat, buat gerakan mengunci antar jari jemari dan putar-putar. Kelima, lakukan gerakan putar-putar jempol dimulai dari kanan lalu ke tangan kiri.

“Terakhir, kuncupkan antar ujung-ujung jari yang diputar-putar di telapak tangan lainnya,” jelasnya.

Dia menambahkan kapan seseorang perlu melakukan cuci tangan atau hanya membersihkan dengan cairan pembersih biasa? Jawabannya adalah apabila tangan terkena cairan tubuh atau kotoran dari luar perlu dilakukan pencucian yang memakai air mengalir.

Namun, apabila tangan dirasa tidak terlalu kotor cukup bersihkan dengan cairan pembersih biasa saja seperti antiseptik.

Coporate Communications and Social Responsibility Division Head Palyja Meyritha Maryanie mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan Corporate Social Responsibilities (CSR) Palyja yang dilakukan setiap tahunnya.

Namun khusus tahun ini, bersama anggota Infralog lainnya yaitu PT Astratel Nusantara, PT Serasi Autoraya, PT Marga Mandalasakti, dan PT Astra Graphia Tbk, yang merupakan bagian dari grup PT Astra International Tbk turut menggelar acara Hari Aksi Cerdas dengan mengajak pelajar untuk peduli pada pola hidup bersih dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro