Ilustrasi/Redbookmag
Relationship

Pertemanan di Kantor Tingkatkan Kinerja dan Kesehatan Pekerja

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 21 Oktober 2016 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Bukan hanya sekadar pekerjaan yang tepat, namun hubungan dengan rekan kerja juga sangat penting untuk meningkatkan kinerja kerja dan membuat seorang pekerja menjadi lebih sehat.

Demikian berdasarkan sebuah riset yang telah dilakukan peneliti. Studi tersebut menyebutkan jika hubungan baik antara pegawai dengan lingkungan kerjanya bisa memberikan kepuasan, motivasi, penampilan, dan membuat pegawainya lebih sehat.

Hal tersebut, berbeda dengan anggapan dimana banyak orang berpikir mencari pekerjaan harus sesuai dengan kepribadian dan keahilan agar pekerjaan berjalan lancar.

Namun penelitian ini justru menyatakan pekerjaan yang sehat tergantung dengan hubungan rekan kerja.

"Studi ini dilakukan berdasarkan dengan analisa skala besar, yang mengaitkan antara hubungan dalam organisasi dengan kesehatan yang lebih baik," ujar Niklas Steffens dari University of Queensland  Australia seperti dikutip dari timesofindia.com

"Hasil ini menunjukkan jika performa kerja dan kesehatan sangat berkaitan dengan bagaiman seseorang berinteraksi dengan lingkungan pekerjaannya," tambahnya.

Tim penelitian tersebut melakukan review terhadap 58 studi, yang mencakup 19,000 pekerja di bidang yang berbeda, dari mulai jasa layanan hingga kesehatan, militer dari 15 negara sekaligus.

Sementara itu, mereka juga menemukan bukti jika jenis pekerjaan tidak berpengaruh besar pada kesehatan seseorang di waktu kerjanya.

"Hubungan sosial berkontribusi pada faktor psikologis dan psikis," ujar Steffens.

Hal tersebut, kemungkinan besar karena adanya dukungan dari rekan kerja atau organisasi pada pekerjaan seseorang yang membuat semangat kerjanya lebih besar.

"Ketika Anda berkumpul dalam sebuah organisasi, maka akan ada rasa memiliki yang akan memberikan rasa kepercayaan diri dan kenyamanan dalam bekerja," tambahnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro