Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertemanan di Kantor Tingkatkan Kinerja dan Kesehatan Pekerja

Bukan hanya sekadar pekerjaan yang tepat, namun hubungan dengan rekan kerja juga sangat penting untuk meningkatkan kinerja kerja dan membuat seorang pekerja menjadi lebih sehat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Oktober 2016  |  14:30 WIB
Ilustrasi - Redbookmag
Ilustrasi - Redbookmag

Bisnis.com, JAKARTA- Bukan hanya sekadar pekerjaan yang tepat, namun hubungan dengan rekan kerja juga sangat penting untuk meningkatkan kinerja kerja dan membuat seorang pekerja menjadi lebih sehat.

Demikian berdasarkan sebuah riset yang telah dilakukan peneliti. Studi tersebut menyebutkan jika hubungan baik antara pegawai dengan lingkungan kerjanya bisa memberikan kepuasan, motivasi, penampilan, dan membuat pegawainya lebih sehat.

Hal tersebut, berbeda dengan anggapan dimana banyak orang berpikir mencari pekerjaan harus sesuai dengan kepribadian dan keahilan agar pekerjaan berjalan lancar.

Namun penelitian ini justru menyatakan pekerjaan yang sehat tergantung dengan hubungan rekan kerja.

"Studi ini dilakukan berdasarkan dengan analisa skala besar, yang mengaitkan antara hubungan dalam organisasi dengan kesehatan yang lebih baik," ujar Niklas Steffens dari University of Queensland  Australia seperti dikutip dari timesofindia.com

"Hasil ini menunjukkan jika performa kerja dan kesehatan sangat berkaitan dengan bagaiman seseorang berinteraksi dengan lingkungan pekerjaannya," tambahnya.

Tim penelitian tersebut melakukan review terhadap 58 studi, yang mencakup 19,000 pekerja di bidang yang berbeda, dari mulai jasa layanan hingga kesehatan, militer dari 15 negara sekaligus.

Sementara itu, mereka juga menemukan bukti jika jenis pekerjaan tidak berpengaruh besar pada kesehatan seseorang di waktu kerjanya.

"Hubungan sosial berkontribusi pada faktor psikologis dan psikis," ujar Steffens.

Hal tersebut, kemungkinan besar karena adanya dukungan dari rekan kerja atau organisasi pada pekerjaan seseorang yang membuat semangat kerjanya lebih besar.

"Ketika Anda berkumpul dalam sebuah organisasi, maka akan ada rasa memiliki yang akan memberikan rasa kepercayaan diri dan kenyamanan dalam bekerja," tambahnya lagi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karir

Sumber : timesofindia.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top