Terdampak Sistem Rujukan, Kunjungan Pasien ke Rumah Sakit Ini Menurun

Pihak Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang mengeluhkan turunnya jumlah kunjungan pasien yang berobat ke rumah sakit itu, karena adanya sistem rujukan pelayanan berjenjang.
Newswire | 02 Desember 2016 17:05 WIB
Ilustrasi: Jumlah fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan. - Bisnis

Bisnis.com, PALEMBANG - Sistem rujukan ternyata berdampak pada tingkat kunjungan pasien ke rumah sakit.

Pihak Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang mengeluhkan turunnya jumlah kunjungan pasien yang berobat ke rumah sakit itu, karena adanya sistem rujukan pelayanan berjenjang.

Direktur Utama Rumah Sakit Islam Siti Khadijah, Romayana Amran menyampaikan hal itu saat menerima reses anggota DPRD Sumatera Selatan dari daerah pemilihan Kota Palembang, Jumat (2/12/2016).

Menurut dia, tadinya masyarakat yang berobat ke rumah sakit itu mengalami kenaikan sehingga mereka ada rencana untuk peningkatan pelayanan kesehatan.

Akan tetapi, dengan adanya sistem rujukan pelayanan berjenjang dari puskesmas, kemudian rumah sakit tipe C baru ke tipe B, jumlah kunjungan menurun, karena rumah sakit ini sudah tipe B, katanya.

Ia mengatakan, di rumah sakit yang dipimpinnya terdapat 210 tempat tidur dan sebanyak 675 orang jumlah karyawan.

Pihak rumah sakit juga mengeluhkan persoalan tanah tempat berdirinya rumah sakit tersebut.

Koordinator Daerah Pemilihan Sumsel II Kota Palembang, Budiarto Marsul menyampaikan, persoalan tanah tentunya harus diselesaikan.

"Apalagi di sini ada Koordinator Komisi I dan anggota Komisi I DPRD Sumsel yang membidangi masalah pemerintahan," kata Koordinator Daerah Pemilihan Sumsel I Kota Palembang, RA Anita Noeringhati menambahkan.

Sementara Koordinator Komisi I DPRD Sumsel, Chairul S Matdiah mengatakan, kalau memang ada surat terkait persoalan tanah ini dan pada saat itu sudah siap rapat di komisi bersama pihak terkait, tetapi pihak rumah sakit malah tidak hadir.

Untuk surat yang kedua ini nantinya akan dijadwalkan lagi untuk rapat dan diharapkan tim dari rumah sakit hadir, katanya.

Sumber : Antara

Tag : rumah sakit, pasien, bpjs kesehatan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top