Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyakit Buerger Bisa Berujung Amputasi Pada Kaki

Buerger, sepintas kata ini terdengar seperti nama makanan siap saji yang terdiri atas roti, daging, sayuran, dan bahan tambahan lainnya yang ditumpuk jadi satu dan begitu menggota untuk dilahap.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 27 Januari 2017  |  20:39 WIB
Penyakit Buerger Bisa Berujung Amputasi Pada Kaki
Ilustrasi: Asap rokok - Pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buerger, sepintas kata ini terdengar seperti nama makanan siap saji yang terdiri atas roti, daging, sayuran, dan bahan tambahan lainnya yang ditumpuk jadi satu dan begitu menggota untuk dilahap. Namun, siapa sangka kalau buerger merupakan nama penyakit yang menyerang para perokok.

Agus Dwi Susanto, dokter sekaligus Ketua Divisi Penyakit Paru Kerja dan Lingkungan dari RSUP Persahabatan, pada konferensi pers terkait penyakit yang disebabkan oleh rokok oleh Kementerian Kesehatan, menyebutkan rokok merupakan produk yang mengandung banyak sekali bahan-bahan berbahaya.

“Kalau kita lihat bahaya rokok itu karena ada bahan-bahan di dalamnya yang berbahaya, seperti dalam sebungus rokok itu ada nikotin, ada tar, kemudian karbon moniksida, dan kemudian radikal bebas,” katanya, Jumat (27/1/2017).

Agus menjelaskan konsumsi rokok secara terus-menerus dan setiap hari akan menyebabkan ketiga bahan berbahaya tersebut menumpuk dan menimbulkan dampak bervariasi. Rokok, ujar Agus bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dari ujung kaki hingga ujung kepala seperti ganggguan pada jantung dan pembuluh darah.

Bahan-bahan berbahaya yang menumpuk ini, khususnya pada pembuluh-pembuluh darah kecil, kemudian akan menyebabkan penyempitan karena membentuk plak.

“Ada plak-plak yang menimbulkan terjadinya penyempitan dan itu terjadi pada pembuluh darah-pembuluh darah kecil seperti koroner dan yang akhirnya menyebabkan penyakit jantung koroner. Kemudian, pada otak sehingga terjadi stroke, juga pada indung telur perempuan yang meningkatkan terjadinya resiko infertilitas, pada kelamin lelaki jadi impotensi,” jelas Agus.

Nah, penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah halus yang terjadi di alat gerak, khususnya alat gerak bawah, akan menyebabkan gangguan pada vaskuler di kaki yang pada akhirnya akan menimbulkan gangguan pergerakan. Bahkan, tambah Agus, hal ini bisa berakibat terjadinya kematian pada otot-otot alat gerak atau jaringan.

Mengutip www.vasculitis.org.uk, penyakit buerger akan menyebabkan borok pada kulit serta gangren yaitu sebuah kondisi yang serius ketika terjadi nekrosis atau kematian sel secara masif, pada jaringan tubuh. Tidak jarang bagian jari dan tungkai penderita penyakit buerger harus diamputasi jika terjadi gangren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit merokok bahaya merokok
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top