Uang rupiah./Bloomberg-Brent Lewin
Relationship

Ingin Bebas dari Masalah "Tanggal Tua"? Begini Caranya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 5 April 2017 - 12:27
Bagikan

5. Evaluasi laba dan rugi Anda.

Jika pengeluaran Anda berlebihan, lihatlah biaya-biaya Anda dan cari penghematan. Di sinilah manfaat mengategorisasikan biaya-biaya akan terasa.

Pemisahan biaya yang dibutuhkan dan diinginkan tidak hanya berlangsung lebih mudah, tetapi Anda juga bisa melihat apa yang menjadi pengeluaran terbesar Anda.

Kemungkinan sebagian akun Anda tidak bisa disesuaikan. Sebagian biaya, misalnya beban sewa atau hipotek, jumlahnya tetap dan tidak bisa diubah dalam jangka pendek.

Namun, Anda masih bisa melihat area-area biaya lain yang dapat dihemat. Sebagai contoh, dengan melihat banyaknya pengeluaran makan di restoran, Anda bisa berencana mengurangi kunjungan ke restoran.

Rencanakan pembayaran utang Anda. Jika biaya pangan, televisi kabel, ponsel, dan pakaian bisa dikurangi, Anda bisa mengalihkan dananya untuk membayar utang kartu kredit.

Rencanakan menabung sebanyak mungkin. Anda juga bisa menabung dana simpanan setidaknya sebanyak beberapa ratus ribu rupiah. Selain itu, biaya tidak terduga juga dapat ditanggulangi dengan dana tersebut sehingga Anda tidak perlu menggunakan kartu kredit atau menambah utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Wikihow
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro