Tiga Perupa Perempuan Gelar Pameran di Galnas

Menjadi seorang ibu dengan peran domestik dalam rumah tangga merupakan hal yang biasa dalam kebanyakan masyarakat Indonesia.
Dika Irawan | 19 April 2017 09:58 WIB
Galeri Nasional - galeri/nasional.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menjadi seorang ibu dengan peran domestik dalam rumah tangga merupakan hal yang biasa dalam kebanyakan masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, ketika di antara celah waktu perempuan Indonesia mampu menghadirkan nilai-nilai dan pesan moral melalui karya seni, itu merupakan satu prestasi tersendiri. Terlebih jika karya seni tersebut dapat memperkaya dinamika sejarah perkembangan seni rupa Indonesia, maka di sanalah peran perupa perempuan Indonesia layak mendapat “panggung budaya”.

Spirit itulah yang tercermin pada Pameran tiga Perupa Perempuan Indonesia, Neneng Sia Ferrier, Ika Yuni Purnama, dan Rina Kurniyati melalui Pameran bertajuk “Time Lovers” – Kreativitas Ibu Sepanjang Masa, hasil kerja sama Kelompok Seni Time Lovers dan Galeri Nasional Indonesia pada 21 April hingga 6 Mei mendatang di Galnas, Jakarta.

Kurator pameran Citra Smara Dewi mengatakan, pameran ini memiliki makna tersendiri, karena terdapat upaya melakukan eksplorasi estetis melalui pendekatan medium baru. Misalnya pelukis kaca kontemporer, Rina Kurniyati, yang menggunakan medium kaca dan enamel dalam berkarya. Melalui karya-karya lukisan kaca hiper realis, Rina seakan ingin ‘mematahkan’ anggapan bahwa melukis realis yang selama ini hanya dapat dicapai melalui cat minyak/akrilik pada kanvas.

Sementara Ika Yuni Purnama, mengedepankan kekuatan warna dan komposisi dalam karya-karyanya. Dominasi warna-warna kontras dengan kekuatan warna forecasting, telah menghantar karya Ika Yuni menjadi sangat dinamis dan energik.

Sedangkan Neneng Sia Ferrier, memiliki kekuatan dalam menghadirkan figur-figur dengan ‘leher jenjang’ dalam setiap karyanya. Neneng juga menampilkan karya instalasi dengan tema lotus, karya instalasi ini merupakan satu-satunya karya ‘mixed media’ dari total 20 karya seni lukis yang dipamerkan dari 3 seniman.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (19/4/2017), Kepala Galeri Nasional Indonesia (GNI), Tubagus ‘Andre’ Sukmana sangat mengapresiasi pameran yang diselenggarakan dalam rangka Hari Kartini ini, karena menurutnya jumlah perupa perempuan yang berpameran di GNI baik dari segi kuantitas maupun kualitas masih sangat terbatas.

Rencanaya pameran ini akan dibuka oleh Sukmawati Sukarno Putri ini dilengkapi dengan rangkaian kegiatan berupa Painting Workshop hasil kerja sama dengan mahasiswa FSR Institut Kesenian Jakarta pada 22 April 2017, pukul 10.00 – 16.00 WIB, dan Artist Talk pada 22 April 2017, pukul 14.00 – 16.00 WIB, di Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia.

Tag : galeri nasional
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top