Anjing peliharaan/Antara
Fashion

Asuransi Hewan Makin Prospektif

Nindya Aldila
Senin, 5 Juni 2017 - 00:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Baru-baru ini, salah satu perusahaan ritel di Indonesia mengekspansi usahanya ke jasa pemeliharaan hewan peliharaan yang diberi nama Pet Kingdom di kawasan Alam Sutera, Tangerang.

Selain berbagai fasilitas perawatan hewan, Pet Kingdom juga mulai merambah ke lini lain, yakni dengan menyediakan asuransi hewan.

Marketing Director Kawan Lama Retail Nana Puspa Dewi mengatakan asuransi yang ditawarkan berupa perlindungan dari risiko kematian, kehilangan, biaya pengobatan akibat kecelakaan atau penculikan.

Nana optimistis bahwa kebutuhan akan asuransi hewan sangat tinggi, terutama di kawasan perkotaan seperti Jakarta dan Tangerang. Adapun premi yang dikenakan per bulannya mirip dengan premi asuransi lainnya, yakni mencapai Rp199.000.

Founder Komunitas Pecinta Golden atau Kota Golden Heng Sofian menilai fasilitas semacam ini sangat diperlukan. Terlebih, umur seekor anjing yang tergolong pendek, yaitu sekitar 10-15 tahun. Untuk itu, dibutuhkan kepastian untuk menjamin keselamatan anjing.

Namun, ketika melihat klausul asuransi yang ditawarkan, ada beberapa hal yang kurang pas. "Anjing umumnya sakit, bukan kecelakaan. Tidak mungkin anjing [yang dipelihara] dilepas begitu saja, tetapi kalau sakit itu pasti. Masalahnya, sakit tidak ditangani [asuransi]. Padahal, kalau anjing sakit biayanya bisa sampai puluhan juta," katanya.

Kendati demikian, baginya menjaga keselamatan anjing berarti menjaga keselamatan makhluk hidup, sehingga tidak boleh menghitung untung ruginya karena menjaga hewan adalah kewajiban bersama.

Sejauh ini, dia sudah cukup merasa puas dengan tersedianya fasilitas terpadu untu perawatan hewan peliharaan. Dengan begitu, masyarakat akan lebih teredukasi untuk lebih menyayangi binatang dan menaikkan martabat dari hewan itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro