Aktor Chicco Jerikho/Antara
Entertainment

Ulang Tahun ke-33, Chicco Jerikho Galang Dana Untuk Petani Kopi Yogyakarta

Ramdha Mawaddha
Senin, 3 Juli 2017 - 17:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--  Hari ini (3/7), aktor Chicco Jerikho merayakan ulang tahun ke 33. Tahun ini, pemeran Ben dalam Filosofi Kopi 2: Ben & Jody merayakan pertambahan uasianya tepat sepuluh hari jelang rilis film yang Ia bintangi bersama Rio Dewanto tersebut. 

Sebagai bentuk ucapan syukur atas pertambahan usianya, Chicco mengajak publik untuk memberikan kado dalam bentuk donasi melalui Kitabisa.com untuk membelikan mesin sangrai manual bagi petani kopi Merapi, Yogyakarta. 

Chicco ingin bantu memberikan modal bagi petani kopi, Sukiman Mochtar Pratomo serta kelompok petani kopi Gunung Merapi membeli alat sangrai kopi untuk meningkatkan kesejahteraan warga Desa Sidorejo. 

Sukiman yang biasa dipanggil Kang Sukiman, adalah seorang petani kopi dan sayur yang juga merangkap sebagai koordinator komunitas Lintas Merapi Desa Sidorejo. Komunitas sukarelawan di kawasan Puncak Gunung Merapi. 
 
Mereka sedang berupaya membangkitkan kembali kejayaan kopi Merapi seperti era 1980-an. Salah satu kegiatan nyata mereka adalah dengan memproduksi kopi kemasan Cap Petruk.

Pada kampanyenya, Chicco mengatakan kecintaannya terhadap kopi mengantarkannya pada kenyataan kalo kesejahteraan para petani kopi juga butuh ditingkatkan. 

Keinginan Chicco untuk mengumpulkan donasi ini berawal dari cerita tentang Kopi Tanah Air Kita yang membantu Sukiman untuk memberdayakan petani kopi Merapi. Merasa terpanggil, tambahnya, membuat dia mengajak publik untuk memberikan kado berupa donasi buat petani kopi Indonesia.  “Lo semua pasti tau, kalo Gue ngga pernah bercanda soal kopi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis.

Chicco mengatakan, ajakan ini juga dikuhususkan bagi pencinta kopi untuk menyisihkan segelas kopi yang biasa dibeli untuk berdonasi guna pemberdayaan petani dan produk kopi lokal ini. 

“Donasi kalian akan disalurkan dalam bentuk alat sangrai manual ‘Mami-Kotak’ dan pelatihan penggunaan alat tersebut kepada para petani,” tutur Chicco.

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur menuturkan, pihaknya merasa senang bisa membantu lebih banyak public figure untuk mengonversi ulang tahun mereka menjadi donasi. Hal trsebut, tambahnya,  memotivasi dirinya untuk menciptakan platform yang lebih baik. 

“Kampanye yang dilakukan Chicco Jerikho ini semoga bisa memberikan dampak positif bagi semua petani kopi di Indonesia. Selain tentu kami berharap akan ada lebih banyak figur yang terinspirasi dengan kampanye ini dan turut mendonasikan ulang tahunnya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro