Barasuara/Bandung Diary
Musik

Bosan Dengan Musik Mainstream? Musik Sidestream Bisa Jadi Solusi

Ilman A. Sudarwan
Sabtu, 21 Oktober 2017 - 19:38
Bagikan

Bagi Anda yang sudah jengah dengan panggung musik mainstream, anda bisa mulai melirik geliat panggung musik alternatif atau sidestream sebagai penyegaran. Musisi indie punya segudang warna yang berbeda yang bisa anda nikmati.

Musisi indie seperti band Barasuara adalah salah satunya. Band yang diusung Iga Massardi pada vokal dan gitar, ini sukses menjadi idola anak muda dengan musik khas yang mereka tawarkan. Irama yang menggebrak serta paduan indah dua suara backing vokal mereka adalah sisi menarik yang hanya ada pada band ini. Lagu-lagu seperti Bahas Bahasa atau Sendu Melagu adalah dua dari banyak lagu-lagu mereka yang disukai di pasaran

Pada 21 Oktober 2017 malam nanti mereka akan tampil berkolaborasi bersama band Scaller yang juga terdiri dari Reney Karamoy dan Stella Gareth. Dalam konser bertajuk Urban GIGs x Unreleased Project di Jakarta mereka akan berkolaborasi membawakan lagu mereka masing-masing. Selain itu, mereka juga akan menampilkan dua lagu hasil kolaborasi yang dibuat oleh kedua band tersebut.

“Kami akan menampilkan lagu baru yang kami buat ada yang berjudul Barat dan Commune," ujar gitaris Barasuara TJ Kusuma.

Kedua lagu tersebut dibuat secara bersama-sama oleh keduanya. TJ Kusuma mengatakan proses ini terbilang cepat dan tidak ada hambatan karena hanya menghabiskan waktu sekitar satu bulan untuk membuat kedua lagu tersebut.

Barasuara dan Scaller adalah dua dari 12 band yang tergabung dalam Urban Gigs x Unreleased Project. Setiap band yang tergabung membuat kolaborasi 2 lagu baru yang mereka ciptakan untuk program ini. Lagu-lagu ini hanya akan dibawakan secara terbatas pada gelaran-gelaran yang diadakan oleh Generation-G saja.

"Sejauh ini setidaknya sampai tahun depan, akan seperti itu. Lagu ini ekslusif hanya bisa dinikmati di acara-acara yang kami selenggarakan," ujar Ady Cahyady Perwakilan dari Generation-G.

Generation G sebagai community platform bagi kaum muda tidak hanya membuat konser ini tapi juga merilis album kolaborasi yang dihasilkan dari 12 grup musik yang tergabung, dengan masing-masing dua lagu yang diciptakan dari 6 kolaborasi berbeda. Brand Manager Generation G Dave Ependi mengatakan konser ini akan memberikan pengalaman berbeda buat para penyuka musik sidestream. Sampai saat ini setidaknya disebutkan akan ada sekitar 1.000 keping CD yang dirilis oleh Generations-G yang bekerja sama dengan Demajors.

“Selain meluncurkan album, kami ingin memberikan pengalaman dan atmosfer baru bagi para pecinta musik sidestream, di mana mereka menyaksikan langsung kolaborasi band dandan membawakan dua lagu kolaborasi serta dapat melihat perjalanan cerita band dalam pembuatan lagu album tersebut" katanya.

Di acara tersebut nantinya juga akan ada beragam booth yang bisa dikunjungi. Anda bisa bermain games atau membeli album kolaborasi baru yang dirilis di sana. Selain itu pengunjung juga bisa memberikan saran dan ide baru untuk kolaborasi dari band2 yang tergabung di Urban Gigs x unreleased project.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro