Ilustrasi kanker payudara/boldsky
Health

YKPI Fokus Tekan Angka Kanker Payudara Stadium Lanjut

Nindya Aldila
Rabu, 25 Oktober 2017 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA -- Upaya menekan jumlah kejadian kanker payudara stadium lanjut hanya bisa dilakukan dengan gerakan preventif terutama deteksi dini. Untuk itu, YKPI menyusun rangkaian agenda untuk pencegahan kanker payudara stadium lanjut pada Oktober 2017.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia Linda Agum Gumelar. Bertepatan dengan Oktober sebagai bulan Kanker Payudara internasional, YKPI merancang berbagai kegiatan untuk mempromosikan upaya promotif-preventif ini.

Di Indonesia, kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh rumah sakit dengan jumlah pasien sebanyak 12.014. Kasus kematiannya mencapai 21,5 per 100.000.

"Data juga menunjukkan bagi perempuan terdiagnosis kanker tertinggi adalah kanker payudara setelah kanker rahim karena keterlambatan diagnosis sehingga ditemukan sudah pada stadium lanjut," ungkap Linda, Selasa (24/10/2017).

Upaya preventif ini terdiri dari periksa payudara sendiri yang harus dilakukan setiap perempuan sebulan sekali terutama setelah menstruasi karena 80% benjolan payudara dapat diketahui oleh perempuan tersebut.

Pelatihan pendampingan bagi pasien kanker payudara dan penyediaan rumah singgah bagi pasien yang sedang menjalani pengobatan di RS Kanker Dharmais tetap menjadi agenda prioritas.

Di saping itu, pelayanan unit mobil mamografi. Berdasarkan data internal YKPI, jumlah peserta mamografi hingga bulan Agustus 2017 mencapai 11.170 orang.

Adapun jumlah pasien yang hasilnya menunjukkan indikasi tumor jinak mencapai 1.060 orang, dan sebanyak 123 orang dicurigai mengidap tumor ganas.

"Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan YKPI bulan ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kesadaran akan bahaya kanker payudara melalui deteksi dini dan juga pentingnya dukungan dari keluarga dan sahabat pasien untuk menghadapi kanker payudara," ujar Linda.

YKPI aktif di organisasi internasional sejak September 2014 sebagai anggota penuh Reach to Recover International (RRI) dan sejak November 2016diterima sebagai anggota Union of International Cancer Control (UICC).

Bulan ini, agenda YKPI akan ditutup dengan seminar nasional tentang kesehata tulang bagi penyintas kanker payudara yang diadakan pada 29 Oktober 2017 di Hotel Millenium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro