Jangan Biarkan Anak-anak Terlalu Lama Bermain Gawai

Anak-anak zaman sekarang cenderung lebih asyik di dalam rumah. Mereka sibuk main dengan gawainya. Jika hal itu terus dibiarkan, kesehatan mata mereka akan terancam lantaran terlalu lama memelototi layar.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 26 Oktober 2017  |  23:30 WIB
Jangan Biarkan Anak-anak Terlalu Lama Bermain Gawai
Anak-anak bermain gadget - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Anak-anak zaman sekarang cenderung lebih asyik di dalam rumah. Mereka sibuk main dengan gawainya. Jika hal itu terus dibiarkan, kesehatan mata mereka akan terancam lantaran terlalu lama memelototi layar.

Dr Gitalisa Andayani mengatakan, anak-anak harus meluangkan waktu beraktivitas di luar rumah setiap harinya. Cara ini diperlukan supaya mereka terhindari dari miopia atau rabun jauh. Sebab bila dibiarkan terlalu lama memandang layar, mata anak rentan terserang rabun jauh.

Hal itu karena mata anak-anak masih dalam tumbuh kembang. “Pencahayaan yang berkualitas juga sangat vital bagi anak-anak saat mereka membaca, dan belajar,” katanya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Sedangkan untuk orang dewasa, sebaiknya melindungi mata dengan melakukan kegiatan di bawah pencahayaan yang baik. Kemudian, hindari paparan UV-B, tidak merokok, serta menggunakan pelindung mata saat bekerja.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi satu dari dua orang akan menderita rabun jauh pada 2050. Beban mata semakin meningkat karena seseorang kini menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan sambil melihat layar komputer dan gawai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gawai

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top