Empat Manfaat Plank, Olah Raga yang Disukai Kevin Liliana

Empat Manfaat Plank, Olah Raga yang Disukai Kevin Liliana
Newswire | 16 November 2017 07:49 WIB
Kevin Lilliana sedang berlatih plank - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Pemenang Miss International 2017 asal Indonesia, Kevin Lilliana sering mengunggah foto diri sedang berolahraga. Salah satu foto olahraga yang kerap diunggahnya adalah plank.

Dilansir dari laman Greatist, plank adalah latihan yang sederhana namun efektif melatih kekuatan tubuh. Gerakan plank menguatkan otot yang menghubungkan tubuh bagian atas dan bawah, seperti bahu, lengan, dan perut. Gerakan plank sempat menjadi tren beberapa tahun lalu di Instagram.

Kendati tren itu sudah lewat, tidak ada salahnya untuk mencoba gerakan ini. Apalagi plank memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dilansir laman Livestrong, berikut ini empat manfaat plank:

1. Menguatkan otot

Melakukan gerakan plank saja tidak akan membentuk otot perut menjadi six pack. Namun saat dibarengi diet yang baik dan latihan kardio, plank membantu meningkatkan kekuatan otot. Salah satu otot yang dibentuk adalah transversus abdominis, yang merupakan "fondasi" untuk menciptakan otot abdomen yang lebih kuat. Plank aman dilakukan oleh mereka yang memiliki masalah punggung. Plank lebih aman daripada sit-up karena tidak memerlukan banyak gerakan pada tulang belakang.

2. Membentuk postur tubuh

Postur tubuh yang baik artinya tulang dalam posisi sejajar, fungsi pernapasan, dan sistem saraf dalam kondisi baik. Selain itu, postur tubuh yang tegap membuat seseorang terlihat lebih ramping dan tinggi.

3. Mengurangi sakit punggung

Postur tubuh yang lebih baik menunjukkan kondisi punggung yang sehat karena menjaga vertebra dan ligamen tulang belakang tetap sejajar. Plank juga melatih otot untuk mencegah osteoartritis degeneratif.

4. Gerakan tubuh yang lebih baik

Plank dan semua variasinya menggunakan otot perut untuk menjaga keseimbangan tubuh. Sejatinya gerakan plank tidak hanya untuk otot perut saja, tetapi seluruh otot. Olah raga ini mengajarkan tubuh untuk bertindak sebagai satu kesatuan, bukan bekerja secara terpisah.

"Saya kira pertandingan uji coba ini waktu yang tepat untuk memantau kemampuan pemain. Apalagi banyak pemain yang dipanggil. Semoga pelatih mampu menyiapkan timnas dengan baik," kata pria yang akrab dipanggil Cak Imam itu.

Cabang olahraga sepak bola merupakan satu dari sembilan cabang yang diwajibkan untuk menggelar uji coba Asian Games 2018, Februari nanti. Momen tersebut diharapkan mampu dimanfaatkan dengan baik mengingat Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan empat tahunan itu.

Sesuai dengan rencana, pertandingan uji coba Asian Games 2018 bakal digelar di beberapa stadion yang ada di Jawa Barat. Selain untuk menguji tim, kegiatan tersebut juga digunakan untuk melihat secara langsung persiapan panitia untuk menghadapi kejuaraan tersebut.

Sumber : Tempo.co

Tag : miss international
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top