Tidur/boldsky.com
Health

Cucilah Seprai Anda Sepekan Sekali, Ini Alasannya

Renat Sofie Andriani
Senin, 4 Desember 2017 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hati-hati, seprai yang biasa kita tiduri ternyata bisa dengan cepat berkembang menjadi sarang bakteri dan jamur bahkan menyebabkan penyakit.

Menurut pakar mikrobiologi Universitas New York Philip Tierno, kehidupan kehidupan mikroskopik di lipatan seprai kita lambat laun bisa memicu respons alergi.

“Untuk membendung hal tak kasat mata tersebut, kain seprai harus dicuci sepekan sekali,” ujar Tierno, seperti dikutip dari laman Business Insider, Senin (4/12/2017).

Rekomendasi tersebut juga ditekankan oleh penulis sebuah studi yang diterbitkan pada 30 November dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology. Setelah menguji ribuan rumah di Amerika, para peneliti menemukan bahwa lebih dari 90% rumah tersebut memiliki setidaknya tiga alergen yang dapat dideteksi.

Bila alergen ini bersembunyi pada tempat dimana mulut dan hidung Anda berada tepat di atasnya, maka akan dapat memicu pilek atau bersin terlepas dari apakah Anda memiliki alergi atau tidak.

“Bahkan jika Anda tidak memiliki alergi, Anda bisa mendapat respons alergi,” kata Tierno.

Alasan lain mengapa mikroba dapat ‘tinggal dengan nyaman’ di tempat tidur kita adalah karena tanpa sengaja kita tetap menjaganya hangat dan lembab hanya dengan tidur di atasnya.

Manusia secara alami menghasilkan sekitar 26 galon keringat pada seprai setiap tahun. Saat panas dan lembab, kelembaban ini menjadi apa yang oleh para ilmuwan disebut ‘media kultur jamur yang ideal’. Setiap bantal milik kita bisa menjadi tempat bernaung sebanyak 16 jenis jamur.

Selain jamur dan bakteri yang berasal dari sumber manusia (termasuk keringat, dahak, dan ekskresi dubur), pada tempat tidur juga bisa didapatkan mikroba asing seperti bulu binatang, serbuk sari, tanah, serat, debu tungau, dan kotoran.

Sebelum tercemar oleh segala hal tersebut, seprai bisa mengandung sisa-sisa bahan finishing yang digunakan untuk menghasilkan kain seprai.

Menurut Tierno, semua zat kotor dapat secara signifikan ditemukan hanya dalam sepekan. Oleh karenanya, dia sangat menyarankan untuk mencuci seprai Anda satu kali dalam sepekan.

“Jika Anda menyentuh kotoran anjing di jalan, Anda pasti ingin mencuci tangan. Pikirkan analogi ini dengan tempat tidur Anda. Jika Anda melihat apa yang ada di sana, walau tentu saja Anda tidak melihatnya, setelah beberapa lama Anda pasti berkata 'Apakah saya ingin tidur di atasnya?” tambah Tierno.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro