Ilustrasi-Teater Gandrik dalam lakon pensiun/Istimewa
Entertainment

FTI XII 2017 Anugrahkan Penghargaan Kepada Empat Tokoh Perempuan

Ilman A. Sudarwan
Kamis, 28 Desember 2017 - 02:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Malam Anugerah Federasi Teater Indonesia XII 2017 digelar pada Rabu, 27 Desember 2017 petang di Gedung Kesenian Jakarta. Ada banyak yang hal yang istimewa dalam pergelaran Malam Anugerah Federasi Teater Indonesia (FTI) 2017 kali ini.

Beberapa hal menarik dari dari acara tahunan FTI yang sudah ke-12 kalinya ini adalah tidak hanya tiga tokoh yang diberikan penghargaan, namun empat tokoh, dan semua tokoh itu adalah perempuan. Mereka yang secara luar biasa telah memberi sumbangsih pada kehidupan dan perkembangan seni budaya Indonesia, seni teater juga FTI pada khususnya. 

Empat perempuan yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah, itu adalah Ratna Riantiarno yang terpilih sebagai Tokoh FTI 2017, Toeti Heraty Noerhadi Roosseno sebagai Maecenas FTI 2017. Sebagai Abdi Abadi FTI 2017, terpilih Tatiek Maliyati Sihombing dan sebuah penghargaan khusus dari FTI diberikan kepada Yani M. Sastranegara. Untuk informasi.

Sebelumnya FTI telah memberikan penghargaan sebagai Tokoh FTI kepada WS Rendra (2006), Putu Wijaya (2007), Nano Riantiarno (2008), Slamet Raharjo Djarot (2009), Wisran Hadi (2010), Saini KM (2011), Rahman Arge (2012), Bakdi Soemanto (2013), Danarto (2014), Akhudiat (2015), dan Azwar AN (2016).

Sementara penghargaan Maecenas FTI telah diberikan kepada Jakob Oetama (2011), menyusul Sri Sultan Hamengkubuwono X (2012), Victor Hartono (2013), Sapta Nirwandar (2014), Dedi Mulyadi (2015), dan Dr. (HC) Ir. Ciputra (2016).

Sejak 2016, FTI menambahkan penghargaan Abdi Abadi FTI yang untuk pertama kalinya diberikan kepada Rudolf Puspa, karena dedikasi dan pengabdiannya yang luar biasa bagi dunia teater Indonesia. Acara yang akan diselenggarakan pada Rabu, 27 Desember 2017 –bertepatan dengan HUT 

FTI ke 13-- di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru, Jakarta Pusat, akan dimulai dengan prosesi penyambutan para tokoh penerima penghargaan pada pukul 17.00. Lalu dilanjutkan tasyakuran ulang tahun FTI ke-13, dan acara utama baru akan digelar mulai pukul 19.00.

Selain itu penganugerahan malam ini semakin meriah karena ada penampilan Orkestra 73 di bawah konduktor Raden Agung Hermawan Fitrianto, plus penampilan langka dari Keenan Nasution yang akan berpadu dengan suara sopran Aning Katamsi. Secara istimewa mereka akan membawakan gubahan baru dari semacam hymne FTI yang dikomposisi oleh Iwan Pangka.

Untuk kemeriahan acara juga akan tampil berbagai artis dan tokoh-tokoh terkemuka Indonesia dari berbagai lapangan. Ada Cornelia Agatha yang akan bermono-drama, Dedi “Miing” Gumelar yang akan memberi apresiasi spesial untuk Ratna Riantiarno, juga ada Niniek L Karim, Jajang C. Noer dan Renny Djajoesman.

Lalu hadir juga seniman-seniman dan tokoh-tokoh nasional seperti GKR Hemas, Zulkifli Hasan, Slamet Rahardjo, Sys Ns, Siti Nurbaya Bakar, Putu Wijaya, Amoroso Katamsi, Tatang Ramadhan B, Nano Riantiarno, Suhadii Senjaya, Fasli Jalal, dll., dengan pembawa acara peraih Aktor Terbaik FFI 2017, Teuku Rifnu Wikana didamping aktris teater Lisa Ariyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro