Film bisu Setan Jawa ditayangkan dengan iringan orkestra gamelan di puncak acara International Gamelan Festival yang berlangsung di London, Inggris, Minggu (10/9/2017). /Antara
Musik

Komposer Gamelan Indonesia Bius Publik Inggris

Newswire
Sabtu, 20 Januari 2018 - 10:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komposer, pembuat alat musik, dan pakar gamelan Aloysius Suwardi bersama timnya mampu membius publik Inggris dengan menampilkan paduan musik gamelan yang lain dari biasanya di Milton Court, London, Inggris.

Pak Al, sapaan akrab Aloysius, tak hanya dikenal sebagai komponis dan pengrawit untuk alat musik gender, gambang, rebab, dan suling, tapi juga dikenal sebagai penata gamelan piawai. Seperti dikutip dari Antara, Sabtu (20/1/2018), sekitar 300 penonton mengikuti acara yang bertajuk Konser Planet Harmonik tersebut.

Dalam konteks musik kontemporer yang bersumber dari musik tradisi nusantara, Pak Al dikenal lihai sebagai reparator dan modifikator alat-alat musik gamelan lama maupun baru. Dia membuat alat musik gambang dan berbagai alat musik baru yang dibuat dari benda-benda keseharian seperti bambu, kayu, air, metal, dan barang-barang bekas.

Dalam konser tersebut, Pak Al seolah-olah ingin menegaskan bahwa alat musik tradisional juga dapat disajikan dengan komposisi yang tidak konvensional. Bunyi suara suling yang dimodifikasi dengan menggunakan selang dan bambu berisi air menghasilkan suara suling dengan vibrasi yang sangat unik.

Sementara itu, alat musik saron yang telah dimodifikasi, dimainkan secara apik dengan cara yang berbeda dari biasanya. Selama satu jam, penonton dibuat terpesona mendengarkan alunan musik yang sangat inovatif dan harmonis.

Konser Planet Harmonik di London merupakan rangkaian terakhir dari 4 pertunjukan musik di Inggris. Gelaran ini juga menjadi bagian dari Festival Seni Europalia yang diselenggarakan di 7 negara diantaranya Belgia, Inggris, Austria, Perancis, Jerman, Polandia dan Belanda. Festival itu diadakan sejak Oktober 2017 hingga Januari 2018.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), yang berkedudukan di London, Rizal Sukma menyatakan rasa bangga atas penampilan Aloysius Suwardi dan timnya melalui Konser Planet Harmonik di London.

Dia menjelaskan bahwa konser musik seperti ini memberikan citra yang sangat baik dalam upaya mempromosikan kekayaan dan keindahan seni dan budaya Indonesia. Ditegaskan bahwa KBRI London sangat mengapresiasi inisiatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Festival Europalia di Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro