Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IFI dan Galeri Nasional Jakarta Gelar Simposium

Institut Perancis di Indonesia (IFI) bersama Galeri Nasional Indonesia menggelar simposium bertajuk "Pasca Orientalisme dan Masalah Apropiasi Budaya" pada Rabu (24/1/2018) di Galeri Nasional, Jakarta.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 24 Januari 2018  |  12:33 WIB
Galeri Nasional - galeri_nasional.or.id
Galeri Nasional - galeri_nasional.or.id

Kabar24.com, JAKARTA - Institut Perancis di Indonesia (IFI) bersama Galeri Nasional Indonesia menggelar simposium bertajuk "Pasca Orientalisme dan Masalah Apropiasi Budaya" pada Rabu (24/1/2018) di Galeri Nasional, Jakarta.

Simposium ini mengundang kalangan budayawan, seniman, dan akademisi sebagai pembicara, antara lain budayawan Anak Agung Rai, Prof. Dr. Bambang Sugiharto, beniman Eddy Soetriyono, sutradara Garin Nugroho, goenawan budayawan Mohammad, Prof. I Gede Arya Sugiharta, sastrawan Rhadar Panca Dhana,  budayawan Taufik Rahzen, dan seniman Wayan Kun Adnyana.

Atase kebudayaan Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia Christian Gaujac mengatakan, simposium yang dimoderatori oleh sastrawan Nirwan Dewanto ini akan membahas mengenai politik dan dominasi dalam apropiasi budaya. Tentang bagaimana peran para perupa, cendekiawan, dan antrolopog asing, bagaimana bentuk peralihan pengetahuan antarbudaya, dan dampak kontak dengan budaya Barat bagi perkembangan budaya Indonesia itu sendiri.

"Simposium yang mempertemukan cendekiawan dan seniman lintas disiplin ini digelar untuk menjadi wadah pertukaran gagasan dan pemikiran mengenai topik apropiasi intelektual dan gagasan artistik atas budaya," katanya melalui siaran pers yang diterima Bisnis pada Rabu (24/1/2018).

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa simposium ini digelar sebagai pelengkap dari pameran lukisan dan gambar karya seniman Perancis Genevieve Couteau (1925-2013) yang juga akan dibuka pada petang nanti. Pameran bertajuk "Genevieve Couteau: The Orient and Beyond" ini akan diselenggarakan di Galeri Nasional Jakarta sejak 25 Januari sampai 14 Februari 2018.

Karya-karya Couteau yang dipamerkan nantinya akan mencoba menyampaikan pesan tentang humanisme dari sudut pandanganya. Pameran ini juga mengajak kita untuk mempertanyakan konstruksi sejarah seni rupa Asia, khususnya Bali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seni budaya galeri nasional
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top