Hindari Stres Saat Bekerja, Seimbangkan Hidup dengan Cara Ini

Apakah Anda termasuk orang yang lebih banyak menghabiskan waktu sehari-hari di lingkungan kerja hingga stres?
Kurniawan A. Wicaksono
Kurniawan A. Wicaksono - Bisnis.com 14 Februari 2018  |  09:00 WIB
Hindari Stres Saat Bekerja, Seimbangkan Hidup dengan Cara Ini
Ilustrasi - Dialinginnovations

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah Anda termasuk orang yang lebih banyak menghabiskan waktu sehari-hari di lingkungan kerja hingga stres? Lantas, bagaimana agar hidup Anda bisa ‘seimbang’?

Salah satu caranya, Anda dapat mengikuti kebiasaan yang dilakukan Co-Founder & CEO PT Mitrausaha Indonesia Grup, Reynold Wijaya. Menurutnya, keseimbangan atau work life balance nyaris tidak ada bagi setiap orang yang bekerja di perusahaan rintisan (startup).

Perusahaan yang akrab disebut Modalku ini dinamis dengan perkembangan teknologi dan generasi muda sehingga tuntutan inovasi terus ada. Dengan demikian, keseimbangan dari sisi waktu antara bekerja dan bermain/ hiburan sebesar 50:50 tidak mungkin terjadi.

Dengan menerima realita bahwa seseorang tidak bisa mendapatkan keseimbangan dari sisi waktu, pria kelahiran 27 November 1988 ini menyiasatinya dengan cara mengutamakan sisi kualitas. Artinya, sempitnya waktu untuk urusan hiburan, termasuk keluarga, harus dimaksimalkan dengan kegiatan yang tepat.

“Ya sudah tahu work life balance enggak bagus ya harus memaksimalkan hal yang enggak balance tadi. Intinya, menciptakan harmoni. Kalau kerja 80%, ya maksimalkan 20%-nya. Jadi bukan porsi, tapi kualitas,” ujarnya kepada Bisnis.com seperti dikutip, Rabu (14/2/2018).

Hal tersebut yang dia terapkan dalam menakhodai perusahaan teknologi finansial yang menggaet pasar peer-to-peer lending ini. Pria yang sangat menyukai olahraga dan travelling ini mengaku tetap bisa menjaga harmoni hidup dengan cara tersebut.

Lantas, apakah dia tidak pernah mengalami stress? Jawabannya tidak. Stres, diakuinya, menjadi bagian dari konsekuensi dari pekerjaan yang dia ambil. Apalagi, sebagai entrepreneur, dia sudah paham akan ada perjalanan usaha yang panjang.

Dia pun berpendapat, rasa stres justru bagus untuk memacu kinerja. Oleh karena itu, selain memaksimalkan kualitas keseimbangan hidup, menurutnya, setiap orang harus mencintai pekerjaan atau profesinya.

“Stres itu bagus sih karena Anda bisa grow faster. Justru, kalau enggak stres jadi enggak bagus. Anda bisa lihatlah, people grow under stressfull timing,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
karyawan, pekerjaan, stres

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top