Mata juling/istimewa
Health

Begini Penanganan Mata Juling pada Anak

Yoseph Pencawan
Rabu, 7 Maret 2018 - 06:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Strabismus atau mata juling dapat memengaruhi perkembangan penglihatan anak sehingga perlu segera dilakukan penanganan dini untuk memperbaiki masalah ini.

Mengenai upaya penanganannya, Dokter Jakarta Eye Center, Damara Andalia, mengatakan bahwa terapi pada anak dengan kondisi mata juling terdiri dari dua bagian.

"Bila ditemukan ambliopia atau mata malas, maka harus diatasi terlebih dahulu," ujarnya mengawali penjelasan, belum lama ini.

Hal itu dilakukan dengan menutup mata yang baik untuk memaksa anak menggunakan matanya yang malas (terapi oklusi atau patching).

Bila tajam penglihatan pada mata yang menyimpang sudah menjadi normal, maka anak telah menggunakan kedua mata secara seimbang dan juling akan terlihat bergantian pada kedua mata.

Bila penglihatan mata yang malas telah membaik, lanjutnya, baru dilakukan operasi juling untuk mengembalikan kedudukan bola mata.

"Peluang berkembangnya penglihatan binokular juga tercapai bila juling ditangani pada anak usia dini."

Pada kasus-kasus tertentu, kata dia, dapat dilakukan terapi dengan cara latihan orthoptic beberapa kali dengan alat synoptophore.

Kapan sebaiknya dilakukan operasi juling? Menurut dr. Damara, pada anak dengan juling konstan, operasi sebaiknya dilakukan bila penglihatan pada kedua mata telah seimbang sehingga penglihatan binokular dapat berkembang.

Begini Penanganan Mata Juling pada Anak


Pada anak dengan juling yang hilang timbul, operasi juling tidak harus dilakukan segera karena anak masih memiliki penglihatan binokular pada sebagian waktu. Yaitu saat anak tidak terlihat juling.

"Pada orang dewasa, bila juling telah terjadi sedemikian lama atau sejak kecil dan tidak mungkin mendapatkan penglihatan binokular, maka operasi dilakukan untuk tujuan memperbaiki penampilan."

Lebih rinci dr. Damara memaparkan, sebagian juling terjadi akibat adanya kelainan refraksi (hiperopia atau miopia) yang tidak dikoreksi. Dengan demikian, penggunaan kacamata memang kadang-kadang dapat mengurangi juling atau menghilangkan kebutuhan akan operasi juling.

Karena itu, setiap anak dengan juling harus dicek keadaan mata dan kelainan refraksinya. Bila diberikan kacamata, maka harus dipakai sepanjang hari untuk membantu meluruskan matanya.

Begini Penanganan Mata Juling pada Anak


"Bila kacamata tidak dapat menghilangkan juling sepenuhnya, maka operasi perlu dilakukan untuk menghilangkan juling yang belum terkoreksi."

Masyarakat juga perlu tahu bahwa ada juga istilah Pseudo Strabismus atau juling palsu. Banyak bayi atau anak di Asia, khususnya keturunan/etnis tertentu, terlihat seperti juling ke dalam.

Kondisi ini sebenarnya hanya akibat adanya lipatan kulit pada sudut mata atau batang hidung yang agak lebar. Bila saat pemeriksaan mata tidak ditemukan juling, maka kondisi ini disebut Pseudo Strabismus dan tidak memerlukan tindakan atau terapi apapun.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro