Ketua Lions Eye Bank Jakarta dr. Sharita R Siregar sedang menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Sabtu 10 Maret 2018./JIBI-Yoseph Pencawan
Health

Lions Clubs dan Jakarta Eye Center Perkenalkan LEBJ, Untuk Siapa Fasilitas Ini?

Yoseph Pencawan
Minggu, 11 Maret 2018 - 03:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah Sakit Jakarta Eye Center saat ini telah memiliki fasilitas terbaru bernama Lions Eye Bank Jakarta atau LEBJ yang dapat dipergunakan oleh masyarakat secara umum.

Ketua Lions Eye Bank Jakarta dr. Sharita R Siregar mengungkapkan, fasilitas LEBJ yang direalisasi atas kerjasama PT Nitrasanata Dharma, perusahaan induk JEC, dengan Lions Clubs Indonesia, itu sudah dioperasikan mulai November 2017.

"LEBJ diperuntukkan bagi siapa saja yang membutuhkan transplantasi kornea," ujarnya di sela-sela kegiatan The 34th Anniversary of JEC di salah satu hotel di Jakarta, Sabtu (10/3).

Dia menjelaskan, LEBJ dapat dimanfaatkan bagi setiap orang tanpa batas usia yang mengalami kornea keruh karena beberapa hal. Antara lain penyakit kongenital atau bawaan lahir, mengalami infeksi atau akibat kecelakaan.

Transplantasi (cangkok) dilakukan dengan mengambil jaringan kornea pada orang yang telah meninggal dan telah mendaftarkan dirinya sebagai pendonor tanpa paksaan apapun sebelumnya.

"Pencangkokan dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman dalam waktu kurang dari 24 jam setelah kematian."

Setelah pengambilan, lanjut dia, jaringan kornea akan dievaluasi sekaligus memastikan tidak terkontaminasi infeksi. Jaringan Kornea akan dipersiapkan sebaik mungkin, disimpan dalam laboratorium bank dengan pelarut khusus sehingga dapat bertahan selama 14 hari.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro