Diet Vegan, Saraf Tulang Belakang Wanita Ini Rusak

Diet menjadi salah satu tren gaya hidup kekinian yang dijalankan banyak orang. Lihat saja, berbagai metode diet muncul dan dijalani kaum urban. Mereka melakukan hal itu dengan dalih ingin sehat dan menurunkan berat badan.
Chelin Indra Sushmita | 16 April 2018 13:57 WIB
Saraf tulang belakang. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Diet menjadi salah satu tren gaya hidup kekinian yang dijalankan banyak orang. Lihat saja, berbagai metode diet muncul dan dijalani kaum urban. Mereka melakukan hal itu dengan dalih ingin sehat dan menurunkan berat badan.

Tapi, tidak semua metode diet tersebut diet. Buktinya, seorang wanita berusia 50 tahun asal Wuhan, China, mengalami kerusakan saraf tulang belakang akibat menjalani diet vegan.

Wanita bernama Chen ini divonis kekurangan vitamin B12 akibat diet vegan selama lebih dari 30 tahun.

Sebelum diet, berat badan Chen 55 kilogram. Dia kemudian memutuskan menjadi seorang vegetarian untuk menurunkan bobot tubuhnya. Cara diet yang dijalaninya memang berhasil menurunkan 10 kilogram bobot tubuhnya. Dia terus menjalani diet ini selama 30 tahun. Dia tidak pernah mengira cara dietnya berujung tragis.

"Saya merasa sulit berjalan. Kaki saya seperti mati rasa. Tangan saya juga merasakan hal yang sama," kata Chen seperti dilansir Oddity Central, Rabu (10/4/2018).

Menyadari ada yang salah dengan kondisinya, Chen langsung berkonsultasi dengan dokter. Berdasarkan hasil tes laboratorium yang dijalani, dokter mengatakan jika dirinya menderita kekurangan viatmin B12 yang sudah akut. Hal ini memicu kerusakan saraf yang berujung pada kelumpuhan.

Vitamin B12 biasa ditemukan dalam makanan hewani yang tidak dikonsumsi oleh Chen. Dia juga tidak meminum suplemen apapun yang mengandung vitamin B12. Jika tidak segera diatasi, kerusakan saraf ini akan membuatnya lumpuh.

Sumber : Solopos

Tag : diet
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top