Deretan Vespa dipajang di Piaggio Museum dalam perayaan ulang tahun Vespa Primavera ke-50 di Pontedera, Italia, Kamis (19/4)./Reuters-Alessandro Bianchi
Fashion

Anjar Gumelar, Bankir Pencinta Vespa

Abdul Rahman
Sabtu, 5 Mei 2018 - 13:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tidak sedikit orang yang jatuh cinta pada Vespa. Merek motor legendaris asal Italia itu memang memiliki pesona tersendiri.

Salah satu yang terpikat adalah Head of Trade Product Development - Transactional Banking PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Anjar Gumelar. Dia sudah jatuh cinta terhadap Vespa sejak duduk di bangku SMA, setelah dikenalkan oleh orang tuanya.

Bagi pria kelahiran Jakarta 7 Maret 1975 ini, Vespa bukan sekadar alat transportasi, melainkan sebuah karya seni yang tak lekang dimakan zaman. Motor yang bentuknya terinspirasi dari lebah ini juga tak tergolong motor yang sukar dirawat, termasuk dalam mencari suku cadang bila sewaktu-waktu mengalami kerusakan.

"Solidaritas di antara sesama pengguna Vespa juga sangat tinggi. Bahkan ada istilah 'Satu Vespa Berjuta Saudara'," ujar Anjar.

Atas nama persaudaraan itu pula, jika seorang pengguna Vespa motornya mogok di tengah jalan maka pengguna Vespa lain pasti akan membantu. Menurutnya, hal itu sudah menjadi semacam kewajiban bagi sesama penggemar Vespa dimanapun berada.

"Atmosfer itu yang dapat dirasakan oleh penggemar dan pengguna Vespa," lanjut Anjar.

Di perusahaan tempatnya bekerja, dia pun membentuk komunitas bernama Muamalat Vespa Party alias MVP. Klub ini menaungi penggemar dan pengguna Vespa di Bank Muamalat.

Saat ini, keanggotaan MVP tidak hanya pengguna atau penggemar merek Vespa, tapi penggemar dari brand lain pun ikut bergabung.

Anjar Gumelar, Bankir Pencinta Vespa

Anjar Gumelar bersama Vespa miliknya.

Dengan bergabung dalam komunitas, ada banyak manfaat yang dirasakannya. Anjar menuturkan dia dapat mengetahui dengan detail seluk-beluk Vespa dan memperoleh informasi suku cadang yang langka maupun tips perawatan.

Komunitasnya juga rutin menggelar kegiatan riding yang dapat meningkatkan kemampuan mengendara para pengguna Vespa. Kegiatan itu juga dapat membuat anggotanya merasakan atmosfer kebersamaan dan memupuk rasa solidaritas.

Sebagai bankir, Anjar punya banyak kesibukan terkait pekerjaannya. Namun, dia selalu berupaya agar hobinya bisa tetap bisa dilakoni.

Oleh karena itu, Anjar selalu menyediakan waktu di akhir pekan untuk menyalurkan hobinya. Tak jarang dia mengajak anak-anaknya berkeliling mengendarai Vespa.

Selain touring, komunitasnya juga rutin mengadakan riding yang digabung dengan kajian keagamaan. Contohnya, baru-baru ini digelar kegiatan dengan komunitas Road 2 Jannah atau Biker Muslim Indonesia, serta kegiatan CSR dari Bank Muamalat.

Ayah dua anak ini menggunakan Vespa seri New-PX & Vespa Sprint Veloce keluaran 1974. Sebelumnya, Anjar pernah punya Vespa Exclusive-2, Vespa Corsa, Vespa New-PX dan Vespa ET-4 yang tergolong seri Vespa modern.

Sekalipun hobi motor dikenal sebagai hobi yang menguras dompet, tapi menurutnya Vespa tak semahal motor gede alias moge. Anjar pun tak menyiapkan anggaran khusus karena suku cadang maupun biaya perawatannya tak terlalu mahal, sehingga tidak terlalu membebani keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Editor : Annisa Margrit
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro