"57 x 76", Kolaborasi Unik Perupa Hanafi & Sastrawan Goenawan Mohamad

Perupa Hanafi dan Goenawan Mohamadsastrawan, budayawan, dan jurnalis yang mulai mendalami seni rupamengadakan pameran bersama bertajuk "57 x 76".
Aprianus Doni Tolok | 23 Juni 2018 00:30 WIB
Perupa Hanafi memperlihatkan salah satu karyanya kepada tokoh bisnis properti dan pecinta seni, Ciputra. - Bisnis.com/Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA – Perupa Hanafi dan  Goenawan Mohamad—sastrawan, budayawan, dan jurnalis yang mulai mendalami seni rupa—mengadakan pameran bersama bertajuk "57 x 76".

Yang unik dari pameran kolaborasi ini adalah karya yang disajikan adalah hasil pengerjaan kedua perupa atau bukan menampilkan karya dari masing-masing perupa seperti pameran kolaborasi pada umumnya.

Kedua perupa mengaku sudah mendapatkan chemistry sehingga spontanitas, baik yang memulai atau yang menyelesaikan, berujung pada sebuah karya yang memiliki nilai seni.

"Tidak ada kesepakatan khusus. Beberapa karya, saya yang memulai pengerjaannya kemudian diselesaikan oleh beliau [Goenawan Mohamad]. Begitu pula sebaliknya," ujar Hanafi.

Sejumlah tokoh seperti Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko dan Dr. (HC) Ir. Ciputra hadir dan memberikan sambutan dalam acara pembukaan pameran.

Pameran yang dikuratori oleh Agung Hujatnikajennong akan menyajikan sekitar 200 karya yang terdiri dari lukisan dan instalasi.

Masyarakat dapat menikmati karya Hanafi dan Goenawan Muhamad, yang dimulai pada Kamis (22/6/2018) hingga 2 Juli mendatang di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Tag : pameran lukisan
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top