Tips Membersihkan Luka Secara Efektif dan Aman

Ternyata Begini Cara Membersihkan Luka Secara Efektif dan Aman
Eva Rianti | 06 September 2018 16:37 WIB
Dokter Spesialis Luka Adisaputra Ramadhinara - Bisnis/ Eva Rianti

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika anak mengalami luka biasanya yang dilakukan pertama kali oleh orang tuanya adalah membersihkannya dengan air atau alkohol. Tidak jarang anak-anak akan meringis atau berteriak karena merasakan perih.

Para orang tua beranggapan bahwa rasa perih itu adalah bagian dari proses penyembuhan dan menilai bahwa semakin perih semakin bagus.

Ternyata, Dokter Spesialis luka bersertifikasi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia Adisaputra Ramadhinara berpendapat bahwa sebenarnya membersihkan luka bisa dilakukan tanpa merasakan perih.

“Membersihkan luka sebaiknya menggunakan cairan pembersih antiseptik yang efektif dan aman untuk kulit,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kandungan dalam banyak produk pembersih luka yang dijual bebas mengandung bahan yang bisa menyebabkan sakit perih dan meninggalkan noda.

“Di klinik dan rumah sakit, saya lebih memilih untuk menggunakan obat pembersih luka yang mengandung Polyhexanide (PHMB) sebab tidak meninggalkan noda. PHMB juga tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa perih,” jelasnya.

Jadi, ketika Anda membutuhkan obat pembersih yang aman dan efektif untuk kulit, perhatikan kandungannya. Obat pembersih luka yang mengandung PHMB bisa menjadi pilihan terbaik.

Tag : terluka
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top