Ini Khasiat Teh untuk Kesehatan

Begini Kata Master Teh Tentang Kasiat Teh untuk Kesehatan
Eva Rianti | 26 September 2018 13:00 WIB
Teh hitam - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Suwarni Widjaja, seorang pencinta teh yang dikenal sebagai “Master Teh” mengungkapkan kasiat teh bagi kesehatan tubuh manusia.  

“Teh itu buat kesehatan, tapi bukan untuk mengobati. Misalnya membuktikan secara langsung minum teh setiap hari dengan beberapa cangkir saja, kesehatan kita bisa lebih terjamin, ” ujarnya ketika ditemui Bisnis di Jakarta Pusat, Senin (24/9/2018).

Suwarni menjelaskan bahwa teh semakin penting untuk dikonsumsi, terutama bagi masyarakat Indonesia yang cenderung mengalami stres yang tinggi dalam pekerjaannya atau yang suka mengonsumsi makan-makanan yang kurang sehat.

“Minum [teh] tentu lebih bagus untuk menjaga kesehatan, terutama orang Indonesia banyak mengonsumsi goreng-gorengan. Salah satunya menurunkan kadar kolesterol. Jauh dari sakit karena antioksidannya tinggi,” tuturnya.  

Dia menjelaskan bahwa manfaat dari keseluruhan teh hampir sama, hanya sedikit perbedaan kasiatnya di masing-masing varian.

Misalnya teh oolong dan teh hijau, bermanfaat untuk metabolisme sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang kecapaian.

Sementara teh lainnya seperti teh pu erh atau teh merah sangat cocok bagi orang yang terlalu banyak begadang atau banyak makan goreng-gorengan. Teh-teh ini menurunkan kadar kolesterol dengan menguraikan lemak.

Kendati demikian, Suwarni menuturkan bahwa meminum teh bukan sekedar minum, melainkan menikmati dengan baik proses penyeduhan teh hingga memasukkannya ke dalam mulut. Ini yang kemudian disebutnya minum teh sebagai bentuk meditasi.

Tag : kesehatan, teh
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top