JFW 2019: Nuansa Batik Lebah Wansosa dari Lenny Agustin

Wansosa berarti lebah. Hal itu yang menjadi inspirasi perancang busana Lenny Agustin untuk koleksi busanannya yang ditampilkan dalam pagelaran mode Jakarta Fashion Week 2019.
Asteria Desi Kartika Sari | 26 Oktober 2018 18:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Wansosa berarti lebah. Hal itu yang menjadi inspirasi perancang busana Lenny Agustin untuk koleksi busanannya yang ditampilkan dalam pagelaran mode Jakarta Fashion Week 2019.

Lenny mengatan lebah merupakan salah satu kebanggaan Sula, Maluku Utara yang terkenal dengan madu asli dari lebah liar di hutan, sehingga bukan hasil ternak. Tak mengherankan jika Sula memiliki Taman Wansosa dengan instalasi patung lebah di tengah. Hal itu juga yang menjadi alasan Lenny untuk menampilkan signature dominan dalam motif Batik Xoela.

"Hal ini perlu di-branding juga, filosofinya bekerjasama menghasilkan sesuatu yang manis, harapannya batik dari Sula ini akan menjadi khas [daerah]," kata Lenny dalam keterangan resminya Jumat (26/10/2018).

Guna menghasilkan hal itu, Lenny mengaku telah melakukan survei dan pelatihan untuk membantu pengrajin batik. Lewat hal tersebut, dia ingin menunjukan bahwa batik tidak hanya identik dengan Pulau Jawa. "Kami mengajarkan mereka mulai dari nol, dari remaja sampai dengan bapak-bapak ikut program ini.

Dari sisi motif, Lenny menuangkan motif-motif seperti tumbuhan, bunga, kenari, burung, dan ikan. Dia menambahkan apapun motifnya, selalu ditambah dengan motif lebah.

"Ada sekitar 20 motif, mereka boleh ngembangin motif seperti apa, jadi tidak ada batasan. Meskipun gambar ikan tetep ada gambar lebahnya, karena identik dengan lebah," jelasnya.

Para busana yang dirancang berkolaborasi dengan kabupatem Kepulaum Sula tersebut ditampilkan dalam bervariasi warna. " Pastinya colorfull, ada juga kuning hitam yang diambil dari warna lebah," katanya.

Tag : fashion
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top