Tips Membangun Relasi Harmonis dengan Lingkungan Anda

Membangun relasi harmonis tidaklah mudah, potensi konflik sangat besar. Lantas bagaimana kita mengatasinya?
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 31 Oktober 2018 11:53 WIB
Ilustrasi - Hrinasia
Bisnis.com, JAKARTA -- Membangun relasi harmonis tidaklah mudah, potensi konflik sangat besar. Lantas bagaimana kita mengatasinya?
 
Dikutip dari buku 'Sejenak Hening' karya Adjie Santosoputro seseorang tidak akan bahagia jika melakukan segala sesuatu seorang diri. Seseorang bisa mendapatkan kebahagiaan secara utuh karena kehadiran orang lain.
 
Menurut profesor Psikologi di University of Michigan, Christopher Peterson, "other people matter". Artinya, keterlibatan atau kehadiran orang lain penting dan berperan dalam kesehatan dan kebahagiaan kita. Cara menikmati kesenangan dengan ditemani orang lain, bukan sendirian. Oleh sebab itu faktor penentu kepuasan hidup secara sosial salah satunya adalah memiliki banyak teman.
 
Beberapa tips yang disampaikan oleh alumnus Psikologi Universitas Gadjah Mada ini antara lain; jangan sibuk mencari kebahagiaan diri sendiri namun juga keterlibatan orang lain di sekitar kita, hargailah kehadiran orang lain di sekitar anda, dan yang terpenting Anda harus menyadari bahwa Anda selalu menjadi pribadi yang berarti bagi orang lain.
 
Kehadiran yang nyata adalah kehadiran yang tidak sibuk sendiri. Apalagi, sibuk dengan masa lalu ataupun masa depan. 
 
"Seringkali saat bertemu dengan orang yang kita cintai dan sayangi, secara fisik kita memang hadir dan ada bersama dengannya, tetapi pikiran kita tidak," ujar CEO dan Founder SukhaCitta ini.
 
Menurut Adjie, kehadiran Anda secara utuh baik tubuh, pikiran, adalah hal terbaik yang bisa Anda berikan kepada orang yang Anda cintai dan sayangi.
Tag : tips bahagia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top