Liontin Milik Ratu Prancis Terjual Rp531,18 Miliar, Tembus Rekor Lelang Baru

Liontin permata dan berlian milik mendiang Marie Antoinette terjual seharga US$36 juta, sekitar Rp531,18 miliar (kurs tengah Bank Indonesia Rp14.755), dalam pelelangan di rumah lelang Sotheby’s.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 15 November 2018  |  10:17 WIB
Liontin Milik Ratu Prancis Terjual Rp531,18 Miliar, Tembus Rekor Lelang Baru
Liontin permata dan berlian milik Marie Antoinette yang terjual seharga US36 juta di rumah lelang Sotheby's, Jenewa, Swiss. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Liontin permata dan berlian milik mendiang Marie Antoinette terjual seharga US$36 juta, sekitar Rp531,18 miliar (kurs tengah Bank Indonesia Rp14.755), dalam pelelangan di rumah lelang Sotheby’s.

Harga ini sekaligus menjadi rekor baru bagi sebuah liontin. Rekor terakhir atas perhiasan permata adalah kalung yang sebelumnya dimiliki aktris Elizabeth Taylor, yang terjual di harga US$11,8 juta di rumah lelang Christie’s pada 2011.

Sebelumnya, liontin tersebut diperkirakan bernilai sekitar US$2 juta. Dilansir dari BBC, Kamis (15/11/2018), liontin milik Ratu Prancis itu merupakan bagian dari koleksi perhiasan milik keluarga bangsawan Italia, Bourbon-Parma.

Perhiasan milik Marie Antoinette yang dilelang Sotheby's./Reuters

Perhiasan-perhiasan tersebut mencakup kalung permata dan berlian, sepasang anting permata dan berlian, serta cincin dengan inisial nama Antoinette yang di dalamnya berisi beberapa helai rambut istri Raja Louis XVI itu.

Selain itu, ada pula perhiasan milik Raja Charles X, Archedukes of Austria, dan beberapa Duke of Parma—penguasa wilayah Parma yang sekarang termasuk wilayah Italia. Sebagian perhiasan yang dilelang diklaim terakhir kali muncul di publik 200 tahun lalu.

“Perhiasan-perhiasan ini memberikan informasi lebih mengenai kehidupan para pemiliknya beratus-ratus tahun lalu,” ujar Deputy Chair Sotheby’s Daniela Mascetti.

Antoinette merupakan salah satu Ratu Prancis yang paling mendapat perhatian karena usianya sangat muda ketika masuk ke keluarga Kerajaan Prancis. Dari pernikahannya dengan Louis XVI, dia memiliki empat anak.

Gaya hidupnya yang mewah membuatnya tidak disukai rakyat Prancis. Hidupnya berakhir di usia ke-37 ketika dia dijatuhi hukuman mati, menyusul suaminya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lelang, perhiasan

Sumber : BBC

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top