Kepuasan Hidup Didapat dari Rasa Syukur, Sudahkah Anda Melakukannya?

Ada kalimat bijak yang mengatakan bahwa untuk mencapai kepuasaan hidup kita harus membiasakan diri untuk bersyukur atas segala sesuatu yang baik setiap hari. Pendapat ini ternyata disetujui oleh banyak ahli bahwa mengekspresikan rasa syukur dapat membuat orang semakin sehat dan bahagia.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 29 November 2018  |  21:19 WIB
Kepuasan Hidup Didapat dari Rasa Syukur, Sudahkah Anda Melakukannya?
Ucapan terima kasih berdampak pada kesehatan mental seseorang - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Ada kalimat bijak yang mengatakan bahwa untuk mencapai kepuasaan hidup kita harus membiasakan diri untuk bersyukur atas segala sesuatu yang baik setiap hari. Pendapat ini ternyata disetujui oleh banyak ahli bahwa mengekspresikan rasa syukur dapat membuat orang semakin sehat dan bahagia.

Hal ini diungkapkan oleh Robert Emmons, seorang peneliti mengenai rasa syukur dan profesor psikologi dari University of California AS. Dia mengatakan bahwa rasa syukur adalah obat ampuh untuk mengatasi stres.

Apa saja kebiasaan baik yang meningkatkan sikap bersyukur? Berikut beberapa poinnya dilansir huffingtonpost.com:

1.      Menuliskan catatan rasa syukur setiap hari

Peneliti menyatakan bahwa menuliskan hal-hal apa saja yang kita syukuri selama satu hari akan meningkatkan pikiran positif yang bermanfaat pada kesehatan mental. Sediakan waktu setidaknya lima menit satu hari untuk menuliskan apa yang Anda syukuri hari itu.

2.      Memberi waktu untuk orang yang dicintai

Orang yang penuh rasa syukur membiasakan diri untuk menyisihkan atau menyediakan waktu bersama orang-orang yang dikasihinya. Hal ini menunjukkan bahwa dirinya mensyukuri kehadiran orang-orang tersebut dan mengisi waktu bersama mereka adalah cara untuk bersyukur.

3.      Mengungkapkan cinta pada orang yang dikasihi

Orang yang bersyukur tidak ragu mengungkapkan cinta, kasih, dan apresiasi kepada orang yang dicintainya. Hal ini terjadi karena rasa syukur merupakan bagian dari hubungan yang hangat, harmonis, dan bahagia.

4.      Menggunakan media sosial dengan bijaksana

Mereka tidak menghindari media sosial, tetapi memilih untuk menggunakannya secara bijaksana. Mereka biasanya menjadikan media sosial sebagai wadah untuk menyebarkan kebiasaan untuk bersyukur dan sikap positif lainnya.

5.      Mengetahui nilai dari hal terkecil sekalipun

Orang yang bersyukur umumnya menikmati dan menghargai momen sekecil apapun dalam hidupnya. Dirinya berusaha beryukur untuk hal-hal kecil yang biasanya diabaikan orang.

6.      Membantu orang lain

Tindakan kebaikan yang kecil dilakukan oleh orang-orang yang bersyukur. Baginya, bisa melakukan kebaikan merupakan bagian dari rasa syukur. Jangan heran kalau orang-orang seperti ini sering berbuat baik tanpa alasan.

7.      Menjadi relawan

Rasa syukurnya semakin mendalam ketika seseorang menjadi relawan untuk membantu orang lain. Relawan bukan berarti melakukan perbuatan baik dalam skala besar. Orang-orang yang penuh rasa syukur biasanya memiliki jadwal rutin untuk memberikan kontribusi pada orang lain dengan rela hati.

8.      Mencintai diri sendiri

Orang yang penuh rasa syukur juga dipenuhi dengan belas kasih terhadap dirinya sendiri. Dia dapat menghargai dan menerima keadaannya, serta memperhatikan kesehatan mentalnya dengan serius.

 Sudahkah ciri-ciri ini ada pada Anda? Jika ya, bersyukurlah. Jika tidak, kapan lagi, ayo mulai bersyukur!

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
stres, gaya hidup

Editor : Rahayuningsih
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top