Permainan Kartu Asal Jepang Hadir di Indonesia

Permainan kartu (TGC) Haikyu!! Volleyvakl Card Game yang sangat terkenal di Jepang, untuk pertama kalinya, diterjemahkan dan diperkenalkan secara resmi ke pasar Indonesia oleh Brain Navi Indonesia.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Desember 2018  |  16:47 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Permainan kartu (TGC) Haikyu!! Volleyvakl Card Game yang sangat terkenal di Jepang, untuk pertama kalinya, diterjemahkan dan diperkenalkan secara resmi ke pasar Indonesia oleh Brain Navi Indonesia.

TCG pertama kali diciptakan pada tahun 1993, lalu berkembang pesat baik dalam jumlah maupun kualitas, dan kini berhasil menjadi salah satu produk unggulan di dunia hiburan Jepang. “Yu-Gi-Oh!”, TCG yang pertama kali dan paling dikenal di dunia adalah sebuah produk yang sukses secara komersil dan berhasil menjual lebih dari 30 triliun kartu dengan berbagai bahasa di dunia.

TCG adalah pasar yang berkembang secara pesat dengan judul-judul terkenal seperti; Yu-Gi-Oh!, Duel Masters, Cardfight!! Vanguard, Weiß Schwarz, dan masih banyak lagi. Tidak hanya mendominasi Jepang, TCG juga muncul dengan bahasa lain dan masuk ke banyak negara hingga mampu menarik minat banyak pemain di seluruh dunia.

Saat dua pemain saling berhadapan, mereka harus menciptakan berbagai strategi dan melakukan sinergi dengan banyak jenis kartu untuk mencapai kemenangan. Karena hal itulah, TCG dikenal sebagai sebuah alat untuk yang mampu mengasah daya piker, strategi, dan kreativitas dari pemainnya. Bukan hanya itu, tapi desain kartunya yang eksklusif dan indah juga merupakan sebuah nilai jual lebih bagi penggemar TCG.

Pemain TCG di Indonesia sudah mengenal TCG lewat produk yang diimpor dan dibajak dari seri-seri TCG Jepang maupun negara-negara lain, baik lewat jalur resmi maupun tidak resmi. Meski begitu, absennya lisensi TCG versi Indonesia yang dibuat untuk masyarakat Indonesia menciptakan sebuah kendala bahasa yang menimbulkan kesulitan bagi para calon pemain baru untuk terjun ke dalam dunia TCG. Karenanya, pasar TCG di Indonesia masih sering dipandang sebelah mata.

Melihat adanya kebutuhan akan versi Indonesia, Brain Navi Asia di bawah bendera Wedge Holdings Jepang  mendapatkan lisensi untuk mengembangkan dan melakukan distribusi untuk pasar Indonesia dari Tomy Company Ltd., dan diimpor oleh Showa Brain Navi Indonesia.

Kartu game ini telah disesuaikan dari tahap penerjemahan, desain, dan pengeditannya agar menjamin kepuasan para anggota komunitas penggemar TCG maupun komunitas HAIKYU!!. Harapannya, produk ini mampu menyediakan hiburan baru untuk para penggemar anime dan TCG di Indonesia.

Langkah awal perilisan dimulai dari bulan Desember 2018 hingga Januari 2019 dengan bekerjasama dengan para mitra dan para retail untuk mendistribusikan “Dek Dasar” Versi Karasuno ke seluruh Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
game

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top